BAHAYA MEMAKSA ANAK AGAR MAU BELAJAR

Bahaya Memaksa Anak Agar Mau BelajarTentu setiap orang tua ingin agar anaknya pintar dan cerdas. Tapi kadang-kadang, cara yang sebagian orang tua ditempuh untuk mewujudkan hal ini kurang tepat. Misalnya saja menekan anak untuk belajar. Lantas apa kata seorang psikolog tentang bahaya memaksa anak agar mau belajar seperti ini?

Seperti yang pernah disampaikan oleh Ira Adelina M.Psi, seorang psikolog dari Universitas Maranatha Bandung, sangat tidak direkomendasikan adanya sebuah pemaksaan belajar pada anak. Apalagi, menurut Ira, tekanan ataupun pemaksaan yang dilakukan pada anak yang sedang memasuki masa emas ataupun golden age, yaitu usia 0 hingga 5 tahun. Di usia emas seperti ini, menurut Ira memang waktunya si kecil diberikan dorongan ataupun stimulus. Tapi, jika dorongan tersebut diberikan dengan berlebihan seperti dengan sebuah pemaksaan, tentu ini bukan merupakan cara yang baik.

Anak lucu membaca
Psikolog dari Bandung ini selalu mengingatkan pada setiap orang tua bahwa seorang anak tidak hanya membutuhkan kecerdasan intelektual semata. Namun, kecerdasan sosial dan juga kecerdasan emosi tak kalah penting serta sangat diperlukan. Oleh karena itu, memberikan tekanan secara berlebihan pada seorang anak untuk belajar tentu sangat tidak tepat.

Jika anak terlalu difokuskan pada perkembangan intelektualnya saja, dia akan mengalami ketidakseimbangan di dalam pemahaman dan juga kecerdasan sosial maupun kecerdasan emosi. Hasilnya, meskipun kemampuan intelektual si kecil jauh di atas rata-rata anak sebayanya, kemampuan untuk bersosialisasi anak dan emosinya bisa saja tidak terkontrol. Inilah yang bisa mengganggu psikologis anak.

Ira menjelaskan bahwa dampak dari anak yang hanya dijejali kemampuan intelektual semata bisa bermacam-macam. Ada anak yang stress, berontak dan juga tertekan. Dari pengalamannya menjadi psikolog, menurut Ira, biasanya para orang tua yang melakukan sebuah pemaksaan pada anaknya untuk belajar karena ada sebuah rasa khawatir pada kemampuan buah hatinya. Orang tua sering merasa was-was dan takut masa depan sang anak nantinya menjadi tidak cerah karena makin tingginya daya saing di masa depan. Ada juga orang tua yang terlalu percaya pada kemampuan buah hatinya. Dan akhirnya orang tua malah memaksa sang anak untuk dapat sekolah lebih cepat sementara itu perkembangan emosi serta sosial anak masih belum sampai situ.

Ira mengharapkan agar orang tua dapat memahami dampak buruk bagi psikologis anak apabila diberikan banyak tekanan dalam belajar. Apabila sudah terlanjur, Ira memberikan jalan keluar untuk proses penyembuhan lewat dua hal.

Pertama, orang tua harus berkomunikasi langsung dengan buah hatinya. Dengan selalu membangun kedekatan, maka anak dapat mengutarakan apakah mereka selama ini merasa tertekan atau tidak.

Kedua, membawa anak ke psikolog. Ini merupakan sebuah alternatif seandainya jalan yang pertama mengalami kesulitan, atau ada kesulitan bagi orang tua saat membangun komunikasi dengan anak.

Berdasarkan pengalamannya dalam menangani kasus semacam ini, menurut Ira, anak bisa kembali normal dalam waktu 3 sampai 6 bulan apabila orang tua menanganinya sesuai saran dari ahli, yang juga akan memberikan pelatihan pada orang tua tentang bagaimana cara menangani anaknya. Selain itu, ahli ini juga tentunya akan memberikan dukungan secara penuh dua sisi, yaitu bagi orang tua dan juga anaknya.

Nah, sekarang sudah jelas bukan bagaimana bahaya memaksa anak agar mau belajar? Jangan sampai hal ini terjadi pada buah hati Anda. Selalu memberikan pendidikan terbaik untuk anak dan dengan cinta serta kasih sayang. Jika selama ini sudah terlanjur, cobalah berbicara dari hati ke hati  dengan anak Anda. Jangan-jangan si kecil sudah mulai merasa tertekan. Anda juga bisa membaca tulisan berjudul 13 Cara Memotivasi Belajar Anak untuk melengkapi tulisan ini.

Tags: Anak pintar cerdas

Related Post "BAHAYA MEMAKSA ANAK AGAR MAU BELAJAR"

6 TANDA ANAK HIPERAKTIF & PERBEDAANNYA DENGAN AKTIF BIASA
6 tanda anak hiperaktif & perbedaannya dengan
5 MANFAAT BERMAIN PUZZLE BAGI ANAK & BALITA
Ada 5 manfaat bermain puzzle bagi anak.
KENAPA ANAK BAYI JANGAN TIDUR DENGAN ORANG TUA?
Kenapa anak bayi jangan tidur dengan orang