7 TIPS AGAR BAYI BEBAS RUAM POPOK

7 Tips Agar Bayi Bebas Ruam PopokMemakai popok, apalagi jenis popok sekali pakai merupakan sebuah cara yang praktis bagi sebagian besar orang tua dalam perawatan bayinya. Akan tetapi menggunakan popok sekali pakai juga cukup berisiko untuk menimbulkan ruam popok pada kulit si kecil, terutama bila buah hati Anda mempunyai kulit yang cukup sensitif.

Ruam popok pada bayi biasanya terjadi disebabkan kulitnya yang lembap. Tetapi beberapa ruam yang muncul pada kulit bayi juga dapat disebabkan oleh penggunaan popok yang dinilai terlalu ketat ataupun popok bayi yang kurang bersih saat dibilas atau dicuci.
cara mengatasi ruam popok
Nah, itu mengatasi hal tersebut berikut adalah 7 tips agar bayi bebas ruam popok. Cara yang dapat dilakukan oleh Bunda pada saat muncul ruam popok pada kulit si kecil, seperti yang telah dilansir oleh web Times of India:

  1. Ganti popok bayi Anda sesering mungkin untuk dapat menjaga bagian pantatnya supaya tetap kering dan juga bersih.
  2. Membiarkan bayi Anda tidak menggunakan popok dalam waktu selama beberapa menit untuk dapat membantu ruam popok pada kulit bayi supaya sembuh lebih cepat.
  3. Oleskan gel aloe vera pada area kulit bayi yang mempunyai ruam agar kulitnya tetap lembab.
  4. Pada saat mencuci popok, sebaiknya Bunda tambahkan juga setengah cangkir cuka ke dalam air dan setelah itu cucilah popok cuci tanpa memakai deterjen. Sisa deterjen yang tertinggal pada serat kain popok karena pencucian yang tidak bersih seringkali dapat menyebabkan ruam popok pada bayi.
  5. Hindarilah menggunakan  sabun yang memiliki kandungan parfum ataupun deterjen untuk mencuci popok si kecil.
  6. Gunakanlah sabun yang cukup lembut dan juga air hangat pada saat membersihkan area pantat bayi. Sebaiknya Bunda jangan terlalu sering memakai tissue basah untuk membersihkan kulit bayi. Selain itu, sebaiknya Bunda juga jangan menggosok bagian pan-tat bayi ataupun memakai bedak talek, karena bedak talek bisa saja terhirup oleh si kecil pada saat digunakan.
  7. Pastikan bagian pantat bayi sudah kering sebelum Bunda menggantinya dengan popok lainnya yang bersih. Hindari juga pemakaian popok yang memiliki pinggiran plastik.

Itulah 7 tips agar bayi bebas ruam popok, semoga dengan beberapa tips simple tersebut si kecil dapat terbebas dari ruam popok yang menganggunya.

Tags: bayi sehat Merawat Bayi

Related Post "7 TIPS AGAR BAYI BEBAS RUAM POPOK"

MAKANAN IBU MENYUSUI AGAR BAYI CERDAS & PINTAR
Apa saja makanan ibu menyusui agar bayi
PILIH GENDONGAN BAYI DEPAN ATAU SAMPING? INI PLUS MINUSNYA!
Pilih gendongan bayi depan atau samping? Pertanyaan
5 TIPS MENGASUH BAYI TANPA BABYSITTER
5 tips mengasuh bayi tanpa babysitter ini
ANAK BALITA SERING SAKIT, WAJARKAH?
Anak balita sering sakit, wajarkah? Tidak bisa