7 TIPS AGAR ANAK TIDAK CENGENG

7 Tips Agar Anak Tidak Cengeng – Cukup banyak harapan orangtua pada buah hatinya agar menjadi sosok yang kuat, tangguh serta tidak cengeng. Biasanya, impian seperti ini disematkan kepada seorang anak laki-laki. Memang tidak mudah dan membutuhkan kesabaran dari orang tua dalam mendidik anak agar bisa tumbuh sesuai dengan harapannya. Berikut ini merupakan hal-hal yang harus diperhatikan orangtua agar anak bisa sesuai dengan harapan, sebagaimana penjelasan dari Efnie Indrianie, M.Psi, seorang Psikolog di Universitas Kristen Maranatha Bandung dan pernah dilansir oelh Mom & Kiddie, berikut 7 tips agar anak tidak cengeng:

1. Berikan anak kepercayaan
Berikan anak Anda kepercayaan sejak kecil untuk dapat melakukan berbagai hal dengan dirinya sendiri yang tentunya selama kegiatan tersebut tidak membahayakan bagi anak dan tidak bertentangan dengan berbagai norma yang ada. Hal seperti ini cukup efektif untuk melatih anak agar menjadi menjadi pribadi yang lebih tangguh dan juga agar anak mandiri.
Cara agar anak tidak cengeng
2. Jangan over protective pada anak
Sebagai orang tua tentu kita sangat menyayangi anak dan selalu membantu setiap buah hati kita mendapatkan suatu masalah. tapi sebaiknya hindarilah terlalu banyak memberikan proteksi kepada anak. Berikan kesempatan kepada anak untuk dapat menyelesaikan permasalahannya sendiri secara mandiri.

3. Jangan berlebihan memanjakan anak
Wajar jika setiap orang tua memanjakan anaknya dan memberikan yang terbaik bagi mereka. Namun, sebaiknya hindari memanjakan buah hati Anda secara berlebihan dan selalu memberikan apa pun yang anak minta dan inginkan dengan mudah. Memang apa efek negatifnya, silahkan Anda membaca Efek Negatif Memanjakan Anak.

4. Abaikan tangisan anak
Apabila anak menangis atau menggunakan tangisannya sebagai senjata maka sebaiknya abaikan saja. Menurut sebuah paradigma teori stimulus respons, sebuah perilaku yang tidak memperoleh penguatan maka lama-kelamaan nantinya akan mengalami penghentian. Ketika melarang anak sebaiknya bukan dengan hanya sekedar instruksi saja, akan tetapi seharusnya berikan juga penjelasan yang relevan.

5. Beri anak sentuhan kasih sayang
Sebelum anak mulai memasuki masa puber, seringlah Anda mengelus kepala dan juga bahu anak laki-laki pada saat berkomunikasi, ini dilakukan agar anak lebih banyak mendengar dan juga menyerap perkataan orang tuanya. Mereka juga membutuhkan sentuhan, sama halnya seperti anak perempuan.

6. Bangun kedekatan emosi anak dengan Ayah
Bangun kedekatan emosi dengan anak, terlebih lagi dengan ayahnya, sehingga kecil peluangnya bagi anak untuk terjebak berbagai masalah kenakalan remaja. Ayah adalah panutan yang baik untuk bersikap dan juga berperilaku bagi anak.

7. Berikan kelembutan ibu pada anak
JIka tidak ada ayah, ibu bisa saja mencari figur pengganti bagi seorang anak laki-laki. Bisa saja paman, kakek ataupun orang lain yang dinilai dekat. Jiwa anak sebenarnya ibarat bejana yang saling berhubungan. Bejana yang satu butuh kasih sayang serta kelembutan Ibu, sedangkan bejana lainnya butuh sifat kepemimpinan dari seorang ayah.

Itulah 7 tips agar anak tidak cengeng dan manja serta agar anak Anda tumbuh menjadi anak yang tangguh dan mandiri.

Tags: perkembangan anak

Related Post "7 TIPS AGAR ANAK TIDAK CENGENG"

6 TANDA ANAK HIPERAKTIF & PERBEDAANNYA DENGAN AKTIF BIASA
6 tanda anak hiperaktif & perbedaannya dengan
5 MANFAAT BERMAIN PUZZLE BAGI ANAK & BALITA
Ada 5 manfaat bermain puzzle bagi anak.
KENAPA ANAK BAYI JANGAN TIDUR DENGAN ORANG TUA?
Kenapa anak bayi jangan tidur dengan orang