5 TIPS MENGOBATI SAKIT DIARE PADA BAYI DI RUMAH

5 Tips Mengobati Sakit Diare Pada Bayi Di RumahAnda sebagian orangtua harus tahu bahwa penyakit diare pada bayi ternyata dapat mengakibatkan kematian apabila tidak segera Anda tangani secara tepat dan benar. Hal ini juga yang menjadi salah satu masalah kesehatan paling umum yang dialami bayi. Setiap tahun, ada ratusan bayi meninggal dikarenakan penyakit diare di India. Hal ini disebabkan para bayi tidak diobati dengan benar,sehingga kasus meninggalnya balita karena diare terus meningkat.

Lantas, apa pengobatan yang dapat dilakukan di rumah dan cukup efektif untuk menyembuhkan penyakit diare pada bayi, sebelum penyakit tersebut membahayakan nyawa mereka? Berikut ini adalah 5 tips mengobati sakit diare pada bayi di rumah, ini merupakan solusi sederhana yang dirasa cukup efektif untuk mengobati masalah diare pada bayi Anda, seperit yang pernah dilansir oleh Boldsky.
Cara mengobati diare pada bayi
1. Beri bayi Anda asupan cairan yang mencukupi
Efek samping yang sangat berbahaya dari penyakit diare ini adalah dehidrasi. Apabila bayi Anda masih tergantung dengan ASI, teruslah untuk menyusui bayi Anda secara teratur. Apabila sudah tidak dalam masa menyusui, berikan bayi Anda banyak cairan untuk dapat menjaga tubuh bayi supaya tetap terhidrasi.

2. Beri oralit pada bayi
Apabila bayi Anda menderita diare, buatkanlah untuknya campuran garam, gula dan juga air. Berikan larutan yang disebut dengan oralit ini untuk bayi Anda sehingga tubuh mereka dapat menggantikan garam tubuh yang hilang pada saat diare.

3. Berikan bayi Anda makanan yang mudah dicerna
Berikan bayi Anda makanan yang mudah untuk dicerna seperti nasi yang lembut, pisang ataupun bubur. Jangan dulu memberikan makanan yang dibuat dari sereal ataupun semacamnya, karena makanan seperti itu akan susah untuk dicerna.

4. Pijat bagian gusi bayi
Kadang-kadang, diare pada bayi dapat disebabkan oleh rasa sakit pada saat sedang tumbuh gigi. Jika ini yang jadi penyebabnya, berikan bayi Anda mainan bayi yang aman untuk dikunyah. Anda juga bisa memijat bagian gusi bayi dengan menggunakan jari-jari Anda untuk dapat meringankan rasa sakitnya.

5. Berikan air lebih banyak
Salah satu solusi yang biasa kita dengar dan paling umum untuk mengatasi diare pada bayi yaitu dengan memberikan cukup banyak air. Air mampu meredakan rasa sakit di dalam perut bayi dan juga mampu melepaskan gas dari dalam perut bayi.

Itulah 5 tips mengobati sakit diare pada bayi di rumah. Perlu waktu kurang lebih 3 hari agar perut bayi menjadi normal kembali. Namun, apabila bayi Anda mengeluarkan tinja yang encer setiap jam ataupun ada bercak darahnya di dalam tinja, sebaiknya segera berobat ke dokter agar mendapatkan penanganan yang lebih serius.

Tags: bayi sehat

Related Post "5 TIPS MENGOBATI SAKIT DIARE PADA BAYI DI RUMAH"

MAKANAN IBU MENYUSUI AGAR BAYI CERDAS & PINTAR
Apa saja makanan ibu menyusui agar bayi
PILIH GENDONGAN BAYI DEPAN ATAU SAMPING? INI PLUS MINUSNYA!
Pilih gendongan bayi depan atau samping? Pertanyaan
5 TIPS MENGASUH BAYI TANPA BABYSITTER
5 tips mengasuh bayi tanpa babysitter ini
ANAK BALITA SERING SAKIT, WAJARKAH?
Anak balita sering sakit, wajarkah? Tidak bisa