5 ALASAN BAYI BARU LAHIR BUTUH SENTUHAN AJAIB

5 Alasan Bayi Baru Lahir Butuh Sentuhan AjaibSejak dulu, bayi yang baru lahir biasanya akan langsung dibersihkan, ditimbang dan juga diukur panjang badannya. Kemudian, baru bayi akan diberikan kepada ibunya lagi agar disusui. Pada bayi yang baru lahir dalam keadaan prematur justru lebih dari itu, bayi yang prematur biasanya tidak diperkenankan untuk dekat dengan ibunya dan harus dirawat secara intensif di dalam inkubator.

Padahal, tahukah Anda bahwa sentuhan ajaib antar kulit ibu dengan bayinya sangat penting apalagi setelah bayi lahir. Sekarang ini, tren kesehatan di banyak rumah sakit juga telah berubah dan menyarankan agar bayi yang baru lahir bersentuhan kulit terlebih dahulu dengan ibunya sebelum dia dibersihkan. Sentuhan kulit ibu dan bayi dapat dikatakan ajaib karena tanpa kita sadari hal ini memberikan banyak manfaat untuk kesehatan bayi.
Ibu dan bayi
Lantas apa ajaibnya sentuhan ibu bagi bayi yang baru lahir? Berikut  5 alasan bayi baru lahir butuh sentuhan ajaib kulit sang ibu sebagaimana pernah dilansir oleh laman Mag for Women.

1. Membuat napas bayi stabil
Saat lahir, bayi baru dikeluarkan dari sebuah ‘kantung pelindung’ mereka yang terdapat di dalam perut ibunya. Hal tersebut bisa jadi sangat tidak disukai oleh bayi dan mereka dapat membuat bayi merasa tidak aman. Akan tetapi pada saat bayi mendapatkan sentuhan dan juga pelukan ibu, dia akan merasa aman dan dapat membuat napas bayi menjadi lebih stabil. Biasanya hal ini juga yang membuat detak jantung bayi menjadi teratur.

2. Mencegah bayi agar tidak stres
Pada saat bayi di dekatkan dengan ibunya dan kemudian diletakkan di dada ibunya, bayi menjadi tidak mudah menangis. Dengan demikian, mereka juga tidak mudah stres pada saat berkenalan dengan lingkungannya yang baru. Dunia merupakan lingkungan baru bagi bayi yang baru lahir dan berada dalam pelukan ibunya membuat dia merasa lebih tenang. Kebiasaan tidak mudah stres ini juga berpengaruh pada bayi selama hari-hari berikutnya.

3. Membuat gula darah dan suhu tubuh bayi jadi stabil
Tidak hanya ibu yang mengalami perubahan pada tubuh mereka ketika melahirkan, bayi juga ternyata mengalami hal serupa. Terutama mereka juga dapat mengalami banyak tekanan untuk mampu ‘keluar’ dan lahir ke dunianya yang baru. Bersentuhan dan juga berada di dalam pelukan ibu saat bayi baru lahir akan membantu membuat membuat gula darah bayi menjadi lebih stabil dan juga membuat suhu tubuh bayi menjadi normal.

4. Menjalin ikatan antara ibu dan bayi
Sentuhan kulit antara ibu dengan bayi yang baru lahir akan membentuk ikatan yang sangat kuat karena bayi akan langsung mengenali ibunya. Selain itu, hal seperti ini tidak hanya bermanfaat untuk bayi, namun juga ibu. Seorang ibu yang langsung menyentuh buah hati mereka pada saat baru lahir mempunyai rasa cemas yang lebih rendah. Memeluk bayi mereka juga mampu mengurangi rasa sakit yang dirasakan oleh seorang ibu setelah melahirkan.

5. Membangun insting bayi
Pada saat langsung disentuh dan juga dipeluk oleh ibunya, bayi akan langsung membangun instingnya untuk menyusu. Hal ini tentu saja sangat baik, terutama apabila ibu berencana untuk memberi ASI eksklusif pada buah hatinya. Bahkan apabila ibu tidak ingin memberikan ASI, memeluk bayi akan memberikannya rasa nyaman dan juga perasaan dicintai. Selengkapnya tentang hal ini Anda bisa membaca tulisan tentang Keajaiban Pelukan Ibu.

Itulah 5 alasan bayi baru lahir butuh sentuhan ajaib dari ibunya. Jangan pernah menyangka bahwa bayi tidak dapat merasakan apa yang sedang terjadi di sekitarnya. Mental bayi telah berkembang sejak hari pertama dia dilahirkan, demikian juga dengan kemampuan emosional si kecil. Sentuhan ibu adalah salah satu cara terbaik untuk dapat membangun ikatan antara ibu dengan bayi, selain manfaat ajaib yang telah disebutkan di atas.

Tags: Bayi Baru Lahir Merawat Bayi

Related Post "5 ALASAN BAYI BARU LAHIR BUTUH SENTUHAN AJAIB"

MAKANAN IBU MENYUSUI AGAR BAYI CERDAS & PINTAR
Apa saja makanan ibu menyusui agar bayi
PILIH GENDONGAN BAYI DEPAN ATAU SAMPING? INI PLUS MINUSNYA!
Pilih gendongan bayi depan atau samping? Pertanyaan
5 TIPS MENGASUH BAYI TANPA BABYSITTER
5 tips mengasuh bayi tanpa babysitter ini
ANAK BALITA SERING SAKIT, WAJARKAH?
Anak balita sering sakit, wajarkah? Tidak bisa