4 SYARAT MENYUSUI BAYI YANG SEHAT MENURUT ISLAM

4 Syarat Menyusui Bayi Yang Sehat Menurut IslamMasa menyusui merupakan masa-masa yang penting bagi seorang ibu, karena dalam masa ini akan terjadi ikatan yang kuat antara ibu dan anaknya. Sebagaimana dikutip dari buku Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga karya  Prof.Dr.H. Mahmud, M.Si dkk yang menyebutkan bahwa 4 syarat menyusui bayi yang sehat menurut Islam adalah sebagai berikut :

1. Takwa dan menghindari dosa
Hendaknya para ibu yang sedang menyusui lebih mendekatkan diri kepada Allah, menguatkan hubungannya dengan Allah dan mengucapkan basmalah sebelum menyusui anak-anaknya. Mereka harus mengusir gangguan dan bisikan syaitan serta pikiran-pikiran yang tidak sehat, bahkan jika memugkinkan ia melakukan wudlu terlebih dahulu sebelum menyusui. Selain itu, ibu juga harus banyak beristighfar dan mengakui dosa dan kesalahannya sebelum menyusui. Jika seorang ibu yang suka melakukan dosa pada saat menyusui anaknya, sebenarnya ia telah memberikan air susu yang tercemar oleh kuman-kuman yang akan menyebabkan anak-anaknya kera-cunan secara spiritual.
Memberi ASI dalam Islam
2. Tenang dan menghindari  emosi jiwa yang berlebihan
Jika seorang ibu menyusui anaknya sedangkan jiwa dan emosinya terganggu maka akan memberikan pengaruh yang buruk terhadap perkembangan anak-anaknya, berdampak sangat tidak baik bagi kesehatan jasmani dan rohaninya, bahkan terkadang sampai pada menderita tuli dan lumpuh. Oleh karenanya hendaknya seorang ibu dalam masa menyusui menjaga kondisi jiwa dan pemikirannya agar tidak terjadi depresi dan gangguan kejiwaan. Memang depresi pada ibu yang sedang menyusui mungkin saja disebabkan masih adanya sisa depresi yang ia rasakan selama mengandung (karena adanya perubahan hor-mon yang mempengaruhi mood ibu dan karena keadaan fisik yang berubah saat masa kehamilan). Berdasarkan hasil penelitian di Amerika Serikat, sekitar 30% dari ibu yang baru saja melahirkan diduga mengalami depresi pasca melahirkan. Itulah sebabnya peran suami terhadap istri yang sedang mengandung dan setelah melahirkan sangat besar dan dibutuhkan. Suami harus benar-benar mendukung istrinya dalam masa-masa ini, dan setelah anaknya lahir ia juga harus ikut berperan untuk merawat bayinya, jangan sampai semuanya diserahkan kepada istrinya.

3. Mengkonsumsi makanan yang halal
Makanan yang dimakan oleh ibu hamil tentu sangat berbeda dengan ibu yang tidak hamil, baik dari segi kuantitas maupun kualitasnya. Dari segi kuantitas kebutuhan makanan bagi ibu hamil lebih banyak, hal ini memang sangat berguna bagi pertumbuhan janinnya, kesehatan badan si ibu dan guna mengadakan cadangan untuk masa laktasi. Namun dalam Islam kualitas makanan lebih penting dari kuantitas. Maksudnya kualitas makanan bagi ibu yang sedang menyusui harus diketahui kehalalannya. Karena makanan yang dimakan oleh ibu yang sedang menyusui sangat mempengaruhi air susu yang diberikan kepada anaknya. Sebaiknya dihindari juga mengkonsumsi makanan atau minuman yang syubhat dan makruh pada saat menyususi agar anak mendapatkan ASI terbaik.

4. Memelihara watak mental dan rohani
Syarat yang ke empat ini lebih penting dari tiga syarat sebelumnya, yaitu pantulan kondisi rohani sang ibu terhadap anaknya saat ia menyusuinya akan sangat berpengaruh pada anaknya tersebut. Dalam agama Islam syarat ini sangat penting sama pentingnya dengan memilih calon istri. Bersihkan hati dan banyak mendekatkan diri pada Allah agar anak mendapatkan pengaruh yang baik.

Itulah 4 syarat menyusui bayi yang sehat menurut Islam. Dengan memperhatikan keempat hal di atas, semoga buah hati Anda menjadi anak yang sehat dan shalih.

Tags: Merawat Bayi

Related Post "4 SYARAT MENYUSUI BAYI YANG SEHAT MENURUT ISLAM"

ANAK BALITA SERING SAKIT, WAJARKAH?
Anak balita sering sakit, wajarkah? Tidak bisa
BAHAYA BEDAK BAYI & CARA AMAN MENGGUNAKANNYA
Bunda, ketahui bahaya bedak bayi dan cara
4 MANFAAT IKAN UNTUK MPASI BAYI, TIPS & RESEP
Bunda, ketahui 4 manfaat ikan untuk MPASI