3 KEBUTUHAN POKOK UNTUK TUMBUH KEMBANG BAYI

3 Kebutuhan Pokok Untuk Tumbuh Kembang Bayi – Untuk dapat mengoptimalisasi tumbuh kembang bayi dan dibutuhkan beberapa hal tidak boleh dilewatkan orang tua. Pada masa proses tumbuh kembangnya, bayi dan balita sangat membutuhkan asupan gizi yang cukup, kasih sayang dan juga stimulasi. Kesemuanya sangat dibutuhkan agar anak-anak dapat mencapai tumbuh kembang yang cukup optimal, agar anak cerdas, kreatif dan nantinya bisa berperilaku baik.

Soedjatmika, SpA (K), Msi saat mengisi seminar tentang Nutrisi dan juga Stimulasi untuk Kecerdasan Anak di JI Expo mengatakan bahwa agar bayi dan balita dapat tumbuh kembang dengan optimal mereka harus selalu dicukupi oleh tiga macam kebutuhan pokok, yaitu kebutuhan fisik-biol0gis, kasih-sayang dan juga stimulasi dini sejak bayi di dalam kandungan.

tumbuh kembang bayi

Berikut
merupakan penjelasan Soedjatmika tentang 3 kebutuhan pokok untuk tumbuh kembang bayi yang diperlukan buah hati Anda:

1. Kebutuhan fisik biologis
Kebutuhan fisik bi0logis merupakan sebuah kebutuhan meliputi gizi (ASI dan juga makanan yang menjadi pendamping ASI), kebersihan badan dan lingkungan tempat tinggal, imunisasi dan pengobatan, bergerak serta bermain. Kebutuhan fisik biol0gis terutama sangat berpengaruh pada pertumbuhan fisik bayi, termasuk otak, alat penginderaannya dan juga alat gerak untuk dapat mengeksplorasi lingkungan sehingga bisa memberikan pengaruh pada berbagai skill dan kecerdasan anak.

2. Kebutuhan kasih sayang
Kebutuhan akan kasih sayang, terutama merasa dilindungi, rasa aman dan juga nyaman, merasa diperhatikan dan merasa dihargai, didengar keinginan dan juga pendapatnya, orang tua juga sebaiknya tidak mengutamakan hukuman dengan sebuah kemarahan, namun lebih banyak memberikan berbagai macam contoh serta teladan yang baik dengan penuh kasih sayang dan juga kegembiraan. Kebutuhan kasih sayang dari orang tua sangat besar pengaruhnya pada kemandirian dan juga kecerdasan emosi bayi.

3. Kebutuhan akan stimulasi bermain sejak dini
Kebutuhan stimulasi untuk bermain meliputi berbagai macam permainan yang dapat memberikan stimulasi terhadap semua indera, baik itu indera pendengaran, indera penglihatan, sentuhan, membau, mengecap, menstimulasi gerakan kasar dan juga halus, emosi-sosial, berkomunikasi, kemandirian, kemampuan berpikir dan juga berkreasi. Kebutuhan stimulasi untuk bermain sejak dini akan cukup besar pengaruhnya pada berbagai macam kecerdasan anak atau multiple inteligent.

Itulah 3 kebutuhan pokok untuk tumbuh kembang bayi yang tidak boleh dilewatkan orang tua agar perkembangan anak dapat lebih optimal.

Tags: Perkembangan Bayi tumbuh kembang bayi

Related Post "3 KEBUTUHAN POKOK UNTUK TUMBUH KEMBANG BAYI"

ANAK BALITA SERING SAKIT, WAJARKAH?
Anak balita sering sakit, wajarkah? Tidak bisa
4 PENYEBAB ANAK KURUS & BERAT BADANNYA SUSAH NAIK
Ada 4 penyebab anak kurus & berat
5 MANFAAT BERMAIN PUZZLE BAGI ANAK & BALITA
Ada 5 manfaat bermain puzzle bagi anak.