15 TIPS DAN CARA MENYAPIH ANAK BAYI DENGAN CINTA

15 Tips Dan Cara Menyapih Anak Bayi Dengan Cinta – Menyapih bayi memang terasa sulit bagi sebagian ibu dan tentu saja tidak semudah yang kita dibayangkan. Selain diperlukan ketelatenan, Anda juga butuh beberapa strategi dalam menjalaninya.

IRT Ini Menghasilkan 38,7jt/bln via Internet 

Dia melakukannya dirumah sambil masak dan momong anak. Simak kisah lengkapnya..

 

>>oke saya mau<<

Sebelum Anda memutuskan menyapih bayi agar tidak lagi meminta ASI, ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan. Anda bisa menjadikan ukuran tubuh bayi sebagai pedoman, dimana hal ini menjadi sebuah tanda positif pada saat Anda ingin mulai menyapihnya serta memberikannya makanan padat. Namun yang lebih baik tentu saja setelah memberinya ASI ekslusif selama 2 tahun. Berikut 15 tips dan cara menyapih bayi dengan cinta:

  1. Sebagai langkah awal, adalah Anda harus ikhlas dan rela dalam penyapihan ini. Jangan mengolesi wilayah sekitar pay-udara dengan mengkudu, batrawali, obat merah atau menutupnya dengan plester, karena itu hanya menakut-nakuti bayi dan mengajarkan yang tidak baik, sebaiknya masa penyapihan ini Anda lakukan dengan cinta dan kasih sayang, agar anak tahu bahwa Anda tetap menyayanginya meskipun sudah tidak memberikannya ASI, tunjukan hal itu pada anak dengan belaian, pelukan serta ke-cupan. Dan kuatkan tekad Anda, karena keraguan hanya akan mempersulit Anda nantinya.
    Memberi ASI
  2. Mulai kurangi frekuensi menyusui bayi Anda secara bertahap dimulai pada saat siang hari. Sebab ini merupakan waktu yang tepat bagi Anda untuk mengenalkan si kecil pada sesuatu yang baru, seperti rasa, bentuk dan juga tekstur pada makanan pendamping ASI.
  3. Berikan penjelasan kepada anak kenapa saat ini dia harus disapih. Misalnya, dengan mengatakan padanya ‘Sekarang kan Kamu udah besar, jadi perlu lagi menyusu sama bunda. Kita makan kue saja yuk‘. Lakukan ini dengan sabar, lembut dan penuh cinta. Jangan pernah merasa bosan untuk memberikan alasan pada si kecil.
  4. Berikan makanan pendamping ASI sebanyak 3 hingga 4 kali dalam sehari untuk mengurangi pemberian ASI pada si kecil di siang hari.
  5. Sebaiknya tetapkan tempat menyusui bayi hanya di satu tempat saja, misalnya di dalam kamar. Ini agar si kecil tidak lagi meminta susu di sembarang tempat dan sekaligus mengajarkannya agar belajar mengenal aturan.
  6. Pada saat mulai menyapih, pastikan anak Anda dalam keadaan sehat.
  7. Sebaiknya bekerjasama dengan suami sebagai orang yang dapat menghibur dan mengalihkan perhatian si kecil ketika rewel minta ASI.
  8. Jangan hanya ibu saja yang mendominasi sebagai pemberi susu bagai anak. Dalam hal ini, biasakan juga agar anak mendapat susu botol dari ayah ataupun anggota keluarga yang lainnya. Selain mampu meningkatkan kemandirian, cara seperti ini juga akan membuat anak tidak akan selalu dengan ibu mereka ketika akan minum susu.
  9. Ganti aktivitas menyusui dengan cara membaca buku atau mendongeng pada saat anak mau tidur.
  10. Tunggu si kecil lapar. Biasanya si kecil akan lebih mudah diajak berkompromi pada saat mereka terdesak. Misalnya saat mereka lapar, biasanya alternatif lainnya akan lebih mudah diterima. Biasanya dalam kondisi lapar, dia akan mudah dibujuk untuk minum di botol atau gelas.
  11. Gunakan teknik sisipan, yaitu Anda sediakan sedikit makanan yang sudah jadi dan diberikan pada si kecil. Awali dulu dengan memberinya ASI pada bayi dari satu payudara ataupun setengah susu botol, kemudian berikan bayi satu atau dua sendok teh makanan tadi. Makan siang merupakan waktu yang paling cocok karena si kecil tidak terlalu rakus, tetap terbangun dan juga kooperatif.
  12. Bayi Anda mungkin tidak mau mencoba makanan yang baru, jadi berikanlah waktu agar dia bisa terbiasa dengan setiap makanan tersebut serta jangan memaksa apabila dia kelihatannya tidak suka.
  13. Gunakanlah sereal bayi yang belum diolah untuk pengganti sereal siap saji serta buatlah dalam sebuah porsi kecil.
  14. Jangan memberikan makanan yang memiliki kandungan kacang, gluten, susu sapi ataupun telur, ini untuk mengurangi risiko bayi terkena alergi pada masa yang akan datang,
  15. Perkenalkan makanan baru pada bayi satu persatu. Cobalah berikan sekali dan setelah itu tunggu beberapa hari sebelum Anda memberikan makanan yang sama untuk melihat adanya reaksi tertentu.

Itulah 15 tips dan cara menyapih bayi dengan cinta. Lakukan dengan sabar dan lembut agar tidak melukai batin si kecil, karena masa penyapihan merupakan salah satu masa sulit untuknya.

Tags: Merawat Bayi

Related Post "15 TIPS DAN CARA MENYAPIH ANAK BAYI DENGAN CINTA"

MAKANAN IBU MENYUSUI AGAR BAYI CERDAS & PINTAR
Apa saja makanan ibu menyusui agar bayi
PILIH GENDONGAN BAYI DEPAN ATAU SAMPING? INI PLUS MINUSNYA!
Pilih gendongan bayi depan atau samping? Pertanyaan
5 TIPS MENGASUH BAYI TANPA BABYSITTER
5 tips mengasuh bayi tanpa babysitter ini
ANAK BALITA SERING SAKIT, WAJARKAH?
Anak balita sering sakit, wajarkah? Tidak bisa