6 KESALAHAN ORANGTUA MEMBUAT ANAK MANJA DAN EGOIS

6 Kesalahan Orangtua Membuat Anak Manja Dan EgoisSiapa pun orang tua pasti ingin membuat anak mereka merasa bahagia? Namun cara membahagiakan anak sebenarnya tidak sama dengan memanjakan anak. Terkadang para orang tua tidak sadar bahwa mereka telah melakukan hal-hal yang dapat membuat anak mereka akhirnya tumbuh menjadi pribadi yang manja dan juga egois. Beberapa hal seperti di bawah ini merupakan contoh 6 kesalahan orangtua membuat anak manja dan egois sebagaimana dilansir oleh The Stir.

1. Memanjakan anak dalam makanan
Orang tua tentu saja merasa senang saat melihat anaknya makan banyak dan biasanya akan melakukan apa saja untuk memberikan buah hatinya makanan yang disukai oleh mereka. Akan tetapiini bukan berarti orangtua mesti menuruti semua kemauan anak soal makanan. Ada waktunya anak juga mesti dipaksa untuk makan makanan yang sehat, belajar makan sayur yang tidak mereka sukai. Anak juga mesti belajar untuk menghargai makanan yang telah dimasak oleh Bunda, meskipun itu tidak memenuhi selera makan mereka. Terus menerus menuruti keinginan makan anak hanya akan menjadikan mereka semakin manja dan juga bersikap layaknya seorang ratu atau raja.
Cara Agar Anak Tidak Manja
2. Membelikan anak hadiah tanpa ada hal khusus
Membelikan anak sebuah hadiah memang tidak harus menunggu ada moment khusus. Hanya saja  jangan menjadikan hal ini sebagai kebiasaan. Apalagi jika anak selalu saja meminta hal-hal yang dapat menarik perhatiannya. Apakah Anda mempunyai kebiasaan selalu membelikan mereka hadiah justru pada saat saudara merekalah yang sedang berulang tahun, hanya agar anak Anda tidak merasa iri? Hal seperti ini dapat membentuk anak Anda jadi pribadi yang egois.

3. Memberikan anak medali pada semua pertandingan
Selain hanya membuang uang, selalu membelikan anak sebuah medali hanya karena mereka mengikuti sebuah pertandingan, dan bukan karena anak memenangkannya akan menjadikan anak sok. Ini nantinya akan menghilangkan arti medali dan juga arti kemenangan yang sebenarnya. Anda mungkin saja akan melihat anak Anda menangis karena mengalami sebuah kekalahan dalam pertandingan, tapi sebenarnya mereka akan belajar mengenai arti kalah dan menang lewat proses tersebut.

4. Tidak pernah menyalahkan anak
Anak juga bisa saja melakukan kesalahan. Pada saat ini terjadi, jangan pernah ragu untuk memberitahukan bahwa mereka bersalah. Tapi jangan lakukan ini dengan membentak ataupun melakukan hal kasar lainnya pada anak. Manfaatnya adalah untuk membuat buah hati Anda mengerti bahwa apa yang anak lakukan adalah tidak baik dan mereka tidak boleh mengulanginya lagi. Memberitahukan kesalahan anak juga sekaligus mengajarkan mereka cara untuk meminta maaf pada orang lain. Anak yang terus dilindungi oleh orangtuanya dan tidak pernah tahu bahwa mereka bersikap salah akan mengakibatkan mereka tumbuh menjadi sosok yang selalu merasa paling benar dan juga egois.

5. Tidak meminta anak untuk membantu pekerjaan rumah tangga
Memang kadang-kadang anak yang membantu pekerjaan rumah tangga malah akan merepotkan karena akan lebih cepat beres apabila Bunda sendiri yang mengerjakannya. Tapi apabila ini terus menerus dilakukan, anak tidak akan belajar apapun. Mereka mesti belajar untuk membersihkan rumah, mengepel,mencuci pakaian, menyapu, belajar untuk membersihkan kamarnya sendiri dan pekerjaan lainnya. Ini mungkin akan membuat anak sering mengeluh, namun mereka nantinya akan belajar dan tidak bersikap seperti majikan yang hanya duduk manis dan nonton TV di rumah.

6. Jangan menyuap anak
Meminta anak untuk melakukan sesuatu dengan sebuah iming-iming sama saja dengan mengajarkan anak sebuah kebiasaan buruk. Setiap kali anak akan mengerjakan suatu hal, mereka nantinya akan berharap mendapat sebuah imbalan. Selain itu, anak juga tidak akan belajar menolong orang lain ataupun mengerjakan sesuatu untuk orang lain. Jangan merasa kaget apabila suatu hari pada saat Anda memintanya untuk melakukan sesuatu, buah hati Anda akan bertanya Lalu, aku akan dapat imbalan apa?

Itulah contoh 6 kesalahan orangtua membuat anak manja dan egois. Kebiasaan tersebut tanpa sadar dilakukan sebagian orang tua dan malah membuat anaknya tumbuh dengan mental manja. Ketika kita mendengar banyak orang tua yang mengeluh tentang perilaku buah hati mereka, sebenarnya tanpa sadar mereka juga ikut andil dalam menanamkan berbagai perilaku tersebut pada anaknya.

Tags: mendidik anak

Related Post "6 KESALAHAN ORANGTUA MEMBUAT ANAK MANJA DAN EGOIS"

6 TANDA ANAK HIPERAKTIF & PERBEDAANNYA DENGAN AKTIF BIASA
6 tanda anak hiperaktif & perbedaannya dengan
5 TIPS & CARA MENGAJARKAN ANAK AGAR JUJUR SEJAK KECIL
Sedikitnya ada 5 tips & cara mengajarkan
5 MANFAAT BERMAIN PUZZLE BAGI ANAK & BALITA
Ada 5 manfaat bermain puzzle bagi anak.