5 PERMAINAN BAYI EDUKATIF USIA 1-3 BULAN

5 Permainan Bayi Edukatif Usia 1-3 BulanBermain merupakan media belajar untuk bayi. Aktivitas bermain tidak perlu dibatasi hanya dengan menggunakan mainan-mainan serba jadi. Bayangkan saja bayi yang tinggal di daerah pedalaman dan tidak mengenal mainan kota, dia tetap saja dapat belajar dengan berbagai mainan seadanya. Yang paling penting adalah Anda dan si kecil tetap dapat menikmati interaksi yang sangat menyenangkan. Jadi, tidak ada sebuah keharusan untuk memenuhi kamar buah hati Anda dengan mainan. Cukup dengan sebuah boneka saja misalnya, ditambah dengan sedikit kreativitas, maka akan banyak permainan yang bisa dilakukan bersama bayi. Anda dapat menyulap boneka tersebut seolah-olah hidup dan kemudian berbicara dengannya, sehingga kosakata yang dapat ditangkap si kecil juga akan bertambah.

Permainan bayi
Mainan yang murah dan sederhana sekalipun bisa akan jauh lebih bermanfaat dibandingkan dengan mainan super lengkap yang harganya mahal. Asalkan orangtua bisa menyulap mainan sederhana tersebut menjadi sarana dapat menstimulasi panca indra buah hatinya.

Selain itu, lihat juga manfaat yang didapat pada sebuah mainan. Apakah itu bisa menstimulasi indra peraba bayi, indra pendengaran, indra penglihatan, mengasah konsentrasinya, mengajari bayi agar cepat bisa merangkak, duduk dan lain-lain. Dengan demikian, orangtua bisa mengetahui apa yang dapat dilakukan dengan permainan yang ada. Sebenarnya cukup banyak mainan yang bisa digunakan untuk membuat permainan bayi. Nah, berikut ada 5 permainan bayi edukatif usia 1-3 bulan sebagai contoh saja untuk Bunda berkreasi.

Perlu diketahui bahwa kemampuan si kecil di usia ini masih sangat terbatas. Tangannya masih suka mengepal, pandangannya juga belum berkembang dengan cukup baik. Meskipun demikian, dia sudah mampu melihat objek yang besar. Pendengarannya si kecil juga sudah berfungsi dengan baik. Terbukti, apabila mendengar suara, dia akan langsung bereaksi atau menengok. Mainan yang sesuai untuk bayi usia ini adalah:

1. Mainan Bayi Berbunyi
Istilah populernya adalah mainan kliningan. Pilih mainan yang bentuknya lucu serta menarik. Mainkan mainan seperti itu di hadapan bayi. Goyangkan dengan perlahan sampai berbunyi. Akan lebih baik lagi jika saat menggoyangkan mainan tersebut Anda sambil menyanyikan sebuah lagu, misalnya lagu satu satu aku sayang ibu atau lagu lainnya. Apabila si kecil memandangi mainan tersebut, gerakkan ke arah atau sisi lainnya. Iringi terus dengan lagu itu. Teruslah gerakkan mainan tersebut ke tempat-tempat berbeda di dalam ruangan. Amati ketika si kecil menoleh dan menggerakkan kepalanya. Berikan kesempatan padanya untuk dapat memegang mainan tersebut. Mainan yang mengeluarkan bunyi-bunyian tidak hanya dapat mengasah indra pendengaran si kecil, namun juga penglihatan serta motorik halus ketika memegang mainan.

Permainan bayi lonceng
2. Mainan Bayi Bertekstur
Mainan ini membuat bayi dapat merasakan berbagai sensasi yang berbeda. Carilah sebuah boneka atau mainan yang bertekstur dan berbahan lembut, kasar serta padat. Cobalah untuk menyentuhkan lengan bayi Anda dengan berbagai mainan tersebut, mulailah dengan mainan dengan bahan yang lembut, kemudian lanjutkan dengan mainan berbahan yang kasar ataupun padat. Apabila si kecil tampak ingin memegangnya, sebaiknya Anda biarkan saja.

Boneka beruang lucu untuk bayi
3. Mainan Bayi Berbentuk Boneka
Carilah sebuah boneka lucu yang berukuran sedang. Kenalkan boneka tersebut pada bayi, biarkan saja dia menyentuhnya. Setelah itu, Anda buat semacam dialog antara boneka tersebut dengan bayi. Katakan berbagai hal yang saat itu sedang dikerjakan. Misalnya ketika mengganti popok, ceritakan bahwa popok bayi harus diganti supaya si kecil dapat tidur dengan nyaman. Gambarkan apa saja yang sedang Anda kerjakan saat itu, apakah sedang mengambil bedak, sedang meneteskan minyak kayu putih, ataupun ketika memakaikan baju bayi. Apabila memungkinkan, rubahlah suara kita. Gunakan juga variasi nada tinggi, rendah, nyanyian dan lain sebagainya. Mainan boneka ini tidak hanya dapat menstimulasi kemampuan berbahasa bayi, tapi juga sekaligus indra pendengarannya.

4. Mainan Bayi Berbentuk Gantungan
Salah satu jenisnya adalah bola yang berwarna-warni. Mainan seperti ini sangat bermanfaat pada saat orang tua akan mengganti popok bayi ataupun di saat senggang. Cobalah gantung sebuah bola warna-warni tersebut, kemudian putarkan dengan perlahan. Lama kelamaan si kecil akan senang dan ingin meraih bola tersebut. Biarkan sesekali dia menyentuh mainan bola-bola tersebut. Mainan gantung seperti tidak hanya akan bermanfaat untuk dapat mengasah koordinasi mata dan juga tangan bayi, tapi juga dapat mengenalkan si kecil pada bermacam-macam warna.

Permainan bayi 2
5.Mainan Bayi Berbentuk Bola Besar
Bola seperti ini sangat cocok jika digunakan sebagai penyangga bayi berusia 3 bulan. Cobalah untuk menempatkan tubuh bayi di atas mainan bola tersebut, kemudian letakkan perut bayi di atas bola. Pegangi kedua tangannya dengan erat-erat. Perlahan-lahan, gulirkan mainan bola ke depan dan juga belakang. Sangat baik apabila aktivitas permainan ini diiringi dengan sebuah lagu. Gerakan mengayun-ayun seperti ini tidak hanya dapat menenangkan si kecil, akan tetapi juga menstimulasi perkembangan otaknya.

Permainan bayi dengan bola
Itulah 5 permainan bayi edukatif usia 1-3 bulan untuk menstimulasi motorik halus, motorik kasar serta panca indera bayi yang dapat Bunda coba dan kembangkan.

Tags: Anak pintar cerdas Bayi Baru Lahir Perkembangan Bayi

Related Post "5 PERMAINAN BAYI EDUKATIF USIA 1-3 BULAN"

TIPS & CARA AGAR BULU MATA BAYI LENTIK ALAMI
Bagaimana tips & cara agar bulu mata
MANFAAT BOTOL SUSU BAYI & KAPAN MULAI MENGGUNAKANNYA
Botol susu bayi merupakan sebuah alat bantu
5 CARA AGAR RAMBUT ANAK BAYI LEBAT & TEBAL ALAMI
5 cara agar rambut anak bayi lebat
7 TIPS & CARA MENGHILANGKAN BAU PADA BOTOL SUSU BAYI
Bagaimana cara menghilangkan bau pada botol susu