11 TIPS, TEKNIK DAN CARA MEMIJAT BAYI

11 Tips, Teknik Dan Cara Memijat BayiSelama beberapa bulan setelah si kecil lahir, memberikan pijatan dengan menggunakan minyak merupakan hal penting yang biasa dilakukan seorang ibu. Biasanya, seorang ibu yang baru mempunyai momongan akan dibantu oleh orang lain agar dapat memandikan bayi dan memijatnya. Memijat dan juga memandikan bayi sendiri dapat membuat ibu jadi lebih dekat dengan buah hatinya. Jangan bilang kebiasaan memijat bayi ini merupakan kebiasaan kuno?  Karena pijat bayi ini sangat besar manfaatnya untuk bayi yang baru lahir. Apalagi untuk bayi prematur yang mesti dipijat secara teratur setiap harinya, karena terbukti dengan pijat bayi ini perkembangan fisik dan juga emosionalnya akan jauh lebih baik dibandingkan bayi-bayi lainnya yang tidak dipijat. Selain itu, perkembangan berat badan bayi prematur yang dipijat juga akan mengalami kenaikan berat badan 20 sampai 40 persen dibandingkan dengan bayi yang tidak dipijat. Hal ini telah dibuktikan oleh penelitian para ahli di Fakultas Kedokteran Universitas Miami sejak tahun 1986.
Teknik memijat bayi

Apabila Anda masih khawatir tidak tahu teknik memijat bayi dengan benar, ikuti 11 tips, teknik dan cara memijat bayi berikut ini:

1. Pilih minyak bayi yang tepat

Sebelum memakai minyak, sebaiknya Bunda menguji apakah minyak yang digunakan tersebut cocok dengan kulit bayi. Caranya dengan memberikan sedikit minyak pada bagian tangan bayi. Jika tidak terjadi reaksi yang aneh, artinya minyak tersebut aman digunakan. Apabila kulit bayi tiba-tiba berubah warnanya jadi kemerahan sebaiknya Anda ganti minyak bayi. Tapi kebanyakan produk minyak bayi yang ada di pasaran cocok digunakan untuk kulit bayi. Anda juga bisa mencoba memakai minyak alami seperti minyak zaitun atau minyak mustard. Jangan memakai minyak yang terlalu panas karena akan membuat bayi merasa tidak nyaman dan juga berpengaruh pada kulitnya.

2. Mulailah memijat bagian kaki bayi

Kaki merupakan bagian terbaik untuk memulai melakukan pijat karena bagian ini kurang sensitif jika dibandingkan dengan bagian lain dari tubuh bayi. Pijatan dengan gerakan yang melingkar dari paha hingga ke bagian pergelangan kaki bayi.

3. Beri sedikit tekanan ringan di bagian tertentu

Pijat bagian telapak kaki bayi Anda untuk menstimulasi sistem tubuh. Pijatan pada bagian jari kaki juga akan membantu mengatasi masalah gigi.

4. Memijat bagian perut bayi

Pijat perut bayi dari atas ke arah bawah. Lakukan pijatan di mulai dari bagian kiri atas kemudian ke bawah,lalu geser pijatan ke sebelah kanan. Memijat perut bayi mampu membantu dalam menyingkirkan gas dan juga masalah pencernaan pada bayi seperti sembelit.

5. Pijat bagian punggung bayi

Pijat merupakan aktivitas yang baik untuk bayi karena akan membuat mereka rileks untuk tidur dengan nyenyak. Jadi, pijat bagian belakang bayi dengan gerakan maju mundur di sepanjang punggungnya mulai dari bagian pantat hingga leher bayi dan buat gerakan pijat secara melingkar.

6. Pijat bayi di bagian dada

Buat gerakan ke atas hinga ke bawah leher kemudian ke samping kiri-kanan di bagian atas tulang selangka dengan membentuk gambar jantung, setelah itu kembali lagi ke ulu hati. Gerakan diagonal di bagian dada bayi (membentuk huruf X) dari arah kiri ke kanan.

7. Pijat bagian lengan bayi

Pijat dengan memutar dengan kedua tangan secara lembut mulai dari bagian pundak ke pergelangan tangan. Pijat bagian telapak tangannya dengan ibu jari mulai dari telapak hingga bagian jari-jari. Usap bagian punggung tangan dari arah pergelangan tangannya ke jari-jari secara lembut. Peras bagian sekeliling pergelangan tangan bayi dengan ibu jari dan juga telunjuk.

8. Pijat bagian muka bayi
Letakkan ibu jari Anda diantara alis mata si kecil. Pijat dengan ibu jari Anda secara lembut pada alis dan juga di bagian atas kelopak mata bayi. Pijat mulai dari pertengahan alis turun ke bagian bawah melalui bagian samping lipatan hidungnya.
Teknik pijat bayi
9. Pijat bayi dengan halus

Lakukan pijatan dengan halus, berikan minyak dan mulailah memberikan pijatan dengan lembut. Jangan menekan dengan terlalu keras pada saat memijat bayi karena pijatan yang terlalu keras tidak diperlukan.

10. Perhatikan kenyamanan bayi

Yang paling penting adalah pertimbangkan kenyamanan yang dirasakan oleh si kecil. Apabila bayi tampak tidak nyaman ketika dipijat, jangan memaksakan. Pijatlah pada saat bayi merasa senang dan juga mau dipijat.

11. Pijat bayi sebelum tidur

Perhatikan selalu jam bangun bayi Anda untuk dapat menentukan waktu yang tepat untuk memberikan pijatan. Karena biasanya setelah dipijat si kecil akan tertidur. Jadi, sebaiknya biarkan bayi Anda tidur setelah dipijat. Kemudian pada saat bangun mandikan si kecil. Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan waktu yang tepat untuk memijatnya. Jangan memijat pada saat bayi baru bangun tidur.

Itulah 11 tips, teknik dan cara memijat bayi. Melakukan pijat dengan langkah-langkah yang tepat memang sangat penting untuk pertumbuhan bayi Anda. Lihat 2 video tutorial pijat bayi dari Cussons berikut agar lebih jelas.

Video 1

Video 2

Tags: Bayi Baru Lahir Merawat Bayi tumbuh kembang bayi

Related Post "11 TIPS, TEKNIK DAN CARA MEMIJAT BAYI"

MAKANAN IBU MENYUSUI AGAR BAYI CERDAS & PINTAR
Apa saja makanan ibu menyusui agar bayi
PILIH GENDONGAN BAYI DEPAN ATAU SAMPING? INI PLUS MINUSNYA!
Pilih gendongan bayi depan atau samping? Pertanyaan
5 TIPS MENGASUH BAYI TANPA BABYSITTER
5 tips mengasuh bayi tanpa babysitter ini
ANAK BALITA SERING SAKIT, WAJARKAH?
Anak balita sering sakit, wajarkah? Tidak bisa