CIRI GANGGUAN MENTAL PADA ANAK DAN CARA MENGATASINYA

Ciri Gangguan Mental Pada Anak Dan Cara Mengatasinya – Seringkali suatu kondisi gangguan mental pada anak-anak cukup sulit diketahui oleh para orang tua. Akibatnya anak yang seharusnya harus mendapatkan perawatan dan mendapat perhatian menjadi luput dari pengamatan orang tua. Jadi, sebaiknya mulai sekarang perkaya pengetahuan Anda tentang ciri gangguan mental pada anak dan cara mengatasinya, sebelum semuanya terlambat dan kita tidak bisa berbuat apa-apa lagi. Tentu saja yang paling utama adalah kita harus selalu berdo’a agar buah hati kita selalu dilindungi dari hal-hal seperti ini.

Lantas seperti apa gejala-gejala gangguan mentalpada anak yang harus diwaspadai oleh para orang tua? Berikut beberapa diantaranya:
Cara mengetahui gangguan mental pada anak

Perubahan mood anak
Anak mempunyai perasaan sedih atau juga selalu menarik diri yang berlangsung dalam waktu setidaknya 2 minggu atau juga terjadi perubahan mood ekstrim yang dapat menyebabkan terganggunya aktivitas anak dalam kehidupan atau aktivitasnya sehari-hari.

Perasaan atau ketakutan yang intens pada anak
Perhatikan apabila anak Anda mempunyai sebuah ketakutan ataupun kekhawatiran berlebih yang sama sekali tidak berdasar dan seringkali disertai dengan perasaan yang berdebar atau nafasnya menjadi cepat yang dapat mengganggu aktivitasnya sehari-hari.

Perubahan perilaku anak
Misalnya seperti perubahan perilaku anak yang menjadi berbahaya dan tidak bisadi kontrol seperti seringnya bertengkar, menggunakan senj4ta atau anak berkeinginan untuk selalu menyak!ti orang lain.

Anak sulit berkonsentrasi
Jika anak merasa kesulitan untuk dapat memfokuskan perhatiannya saat di sekolah sehingga dapat menurunkan kemampuan belajarnya.

Penurunan berat badan anak yang tidak diketahui sebabnya
Penurunan pada n4fsu makan, seringkali muntah atau juga menggunakan obat pencahar yang mengindikasikan anak mempunyai gangguan makan.

Anak menyakiti diri sendiri
Jika anak mempunyai perasaan ingin bunuh diri ataupun menyakiti diri sendiri, itu salah satu tanda gangguan mental.

Penyalahgunaan alkohol dan obat terlarang
Jika anak seringkali menggunakan alkohol atau obat terlarang untuk dapat mengatasi dan juga  mengalihkan perasaan serta masalahnya, maka ini juga merupakan salah satu gejala gangguan mental pada anak.

Lantas bagaimana cara mengatasi gangguan mental pada si kecil? Apabila anak Anda mengalami beberapa atau salah satu tanda dan gejala yang disebutkan atas, sebaiknya segeralah Anda berkonsultasi dengan psikiater agar mendapatkan penanganan sebelum terlambat. Berikut cara mengatasi gejala gangguan mental anak oleh para psikiater.

Cara mengetahui gangguan mental pada anak 2
Psikoterapi
Psikoterapi bisa membantu anak untuk dapat mempelajari cara merespon terhadap suatu situasi yang menantang namun dengan cara yang aman dan sehat. Anak juga nantinya akan diajak untuk belajar tentang kondisinya, mood, perasaannya, perilakunya dan pikirannya.

Medikasi
Beberapa obat seperti stimulan, antiansietas, antidepresan, mood stabilizer atau antipsikotik akan diberikan pada anak tergantung dari kondisinya.

Itulah ciri gangguan mental pada anak dan cara mengatasinya. Jika Anda menemukan beberapa gelaja di atas, segera datang untuk berkonsultasi pada psikiater sebelum terlambat.

Tags: mendidik anak

Related Post "CIRI GANGGUAN MENTAL PADA ANAK DAN CARA MENGATASINYA"

6 TANDA ANAK HIPERAKTIF & PERBEDAANNYA DENGAN AKTIF BIASA
6 tanda anak hiperaktif & perbedaannya dengan
5 MANFAAT BERMAIN PUZZLE BAGI ANAK & BALITA
Ada 5 manfaat bermain puzzle bagi anak.
KENAPA ANAK BAYI JANGAN TIDUR DENGAN ORANG TUA?
Kenapa anak bayi jangan tidur dengan orang