AMANKAH JIKA BAYI MENANGIS TANPA AIR MATA

Amankah Jika Bayi Menangis Tanpa Air Mata – Bayi menangis memang wajar karena hal itu merupakan salah satu bentuk bayi berkomunikasi anak dengan orang di sekitarnya. Banyak orang tua yang sudah mengerti dengan arti tangisan bayi atau arti bahasa bayi. Namun normal dan amankah jika anak menangis tanpa air mata meskipun dengan mengeluarkan suara tangisan?

Seorang ahli bernama Dr. Titis Prawitasari, Sp. A(K), yang bekerja di bagian Ilmu Kesehatan Anak FKUI/RSCM dan Sub Spesialis Nutrisi dan Penyakit Metabolik pernah menjelaskan bahwa anak yang menangis tanpa air mata bisa mengindikasi adanya suatu gejala kekurangan cairan pada tubuh atau dengan kata lain terjadi dehidrasi pada anak.
bayi menangis
Selain dari tangisan, dehidrasi pada anak-anak juga bisa terlihat dari berat badan anak. Setiap penurunan 1 kg pada anak berarti 1 liter cairan akan berkurang pada tubuh si kecil. Dan apabila dibandingkan orang dewasa pada umumnya, anak-anak sangat membutuhkan cairan tubuh yang jauh lebih banyak.

Masih menurut dr.Titis, untuk orang tua yang ingin mengetahui bahwa anaknya sedang mengalami dehidrasi atau tidak sangatlah mudah. Karena dehidrasi ternyata tidak hanya dapat menyebabkan rasa haus, akan tetapi kekurangan cairan juga cukup mudah dikenali dari fisik si buah hati.

Dr. Titis mengatakan bahwa apabila anak kurang gizi, maka akan terlihat dari badannya yang sangat kurus, akan tetapi pada anak anak yang kurang cairan atau mengalami dehidrasi bisa terlihat dari kelopak mata dan juga ubun-ubun kepalanya yang tampak cekung, turgon menjadi turun (perut anak jika dicubit dan akan butuh waktu lama untuk kembali kepada kondisi awal), anak menangis tanpa air mata dan anak juga jadi jarang buang air kecil.

Perhatikan juga ketika anak diberi minum untuk dapat menghilangkan rasa hausnya akan tetapi dia malah meminum sedikit air saja dan membuatnya menajadi lemas, ini dapat menandakan bahwa anak Anda telah mengalami dehidrasi yang cukup berat.

Nah. sekarang jika Bunda bertanya amankah jika bayi menangis tanpa air mata? Maka jawabnya mesti hati-hati dan segera periksakan anak Anda ke dokter agar tidak semakin parah.

Tags: bayi sehat

Related Post "AMANKAH JIKA BAYI MENANGIS TANPA AIR MATA"

KENAPA ANAK BAYI JANGAN TIDUR DENGAN ORANG TUA?
Kenapa anak bayi jangan tidur dengan orang
4 PENYEBAB BAYI TIDAK BISA TIDUR NYENYAK
Bunda, ada 4 penyebab bayi tidak bisa
7 MAKANAN AGAR ANAK TUMBUH TINGGI SECARA ALAMI
Pastikan si kecil mengonsumsi 7 makanan agar
BOLEHKAH ANAK MINUM KOPI?APAKAH BAHAYA?
Bolehkah anak minum kopi? Apakah bahaya? Kopi