13 TIPS AGAR ANAK CERDAS BERSOSIALISASI

13 Tips Agar Anak Cerdas BersosialisasiKemampuan untuk bersosialisasi memang sangat penting dalam masa perkembangan anak. Dengan cerdasnya bersosialisasi, buah hati Anda akan lebih mudah untuk mengembangkan kepribadiannya. Bagi sebagian anak yang mempunyai bakat bawaan alamiah dalam bersosialisasi dengan orang lain, tentu ini tidak kan menjadi masalah. Namun ternyata ada juga anak yang merasa kesulitan untuk dapat bersosialisasi dengan teman-temannya. Kesulitan dalam bersosialisasi bisa menyebabkan anak Anda kurang percaya diri dan juga susah bergaul. Orang tua bisa berperan secara aktif untuk mendorong buah hati, tentu agar anak pintar bergaul atau bersosialisasi. Berikut ada13 tips agar anak cerdas bersosialisasi yang bisa dijadikan panduan orangtua dalam mendorong anak agar pintar bergaul.
Anak introvert
1. Suasana Kekeluargaan Yang Terbuka
Buatlah suasana atau hubungan antara orangtua dengan anak yang terbuka. Ajaklah anak Anda berkomunikasi tentang berbagai aktivitasnya sehari-hari. Luangkan sejenak waktu Anda untuk berbicara dengan anak sedikitnya dua kali dalam sehari. Biarkan anak Anda mengeluarkan keluhannya, hal seperti ini akan membuatnya anak berani untuk bertanya, minta pendapat ataupun sekedar curhat saja. Hal seperti ini akan melatih anak Anda agar berani berkomunikasi.

2. Dorong Anak Beraktivitas Dalam Kelompok
Dorong anak Anda untuk bergabung dengan salah satu tim olahraga, club sepeda, grup vokal, pencinta fotografi dan berbagai komunitas lain yang sesuai dengan minat buah hati. Hal seperti ini tidak hanya akan membantu anak untuk mengasah bakatnya, akan tetapi juga dapat memberikan kesempatan pada anak untuk bergaul dengan teman-temannya serta orang lain.

3. Kenalkan Anak Dengan Orang Yang Kita Kenal
Kenalkan anak Anda dengan orang yang kita kenal cukup dekat setiap kali ada kesempatan bertemu dengan sanak family, para tetangga, kolega dan lainnya.

4. Beri Anak Anda Contoh
Anak tentu akan lebih mudah belajar dengan cara mencontoh. Misalnya seperti saat kita setiap kali melewati rumah seseorang atau tetangga dengan menyapanya, maka anak Anda juga akan belajar untuk menyapa orang tersebut setiap kali dia bertemu nantinya.

5. Ajak Anak Bermain Bersama
Bermain memang sangat mudah mengakrabkan seorang anak dengan orang lain. Bermain bersama akan menjadikan anak menjadi lebih bebas mengeluarkan ekspresinya secara lebih personal. Ajak anak untuk bermain bersama dan biarkan dia bermain di luar rumah dengan teman ataupun tetangganya. Anda juga bisa mengajak teman-temannya sesekali untuk bermain di rumah. Atau juga dapat meminta sepupunya atau temannya untuk menginap di rumah saat akhir pekan, bisa juga dengan mengizinkan anak untuk menginap di rumah neneknya pada saat musim liburan sekolah tiba.

6. Ajak Anak Mengenal Lingkungan Sosial
Ada baiknya Anda mengajak anak untuk sesekali berada dalam keramaian seperti saat ada pertemuan keluarga, acara arisan, family gathering dan lain-lain. Hal seperti ini akan membuatnya tidak merasa asing di  dalam lingkungan yang terdapat banyak orang.

7. Beri Anak Ruang Berekspresi
Anak akan sangat menikmati apabila dia dapat menunjukkan bakat serta minatnya. Apabila seorang anak tidak diberikan ruang untuk dapat berekspresi, itu bisa menyebabkan anak Anda kurang percaya diri nantinya.

8. Bangkitkan Rasa Percaya Diri Anak
Banyak anak yang merasa tidak percaya diri ketika berhadapan dengan orang lain bahkan yang sepantaran dengannya sekalipun. Bantulah anak Anda untuk menemukan rasa percaya dirinya dengan cara berkomunikasi dengannya secara personal. Idealnya, orang tua merupakan orang yang paling tahu dengankarakter anak berikut kelebihan dan juga kekurangannya.
Anak pemalu
9. Beri Anak Pengetahuan Tentang Etika Bergaul
Agar anak pintar bergaul, tentu mereka harus diberikan pengertian untuk dapat menghargai orang lain di dalam bergaul. Dengan memiliki etika bergaul yang baik dan benar anak tidak akan canggung untuk bergaul bersama orang yang usianya jauh lebih muda ataupun jauh lebih tua, atau dengan orang yang sudah sepantasnya dihormati.

10. Jangan Terlalu Protektif Pada Anak
Cukup banyak orangtua yang over atau terlalu protektif pada anak dan akan melakukan apapun untuk anaknya, bahkan dalam hal-hal yang sepele. Banyak hal yang seharusnya menjadi tugas anak tapi malah dikerjakan oleh orangtua dan membatasi kesempatan anaknya untuk dapat berinteraksi dengan orang lain. Contoh sederhananya yang dapat Anda lakukan misalnya membiarkan anak Anda membayar sendiri saat jajan, membiarkan anak Anda menelepon temannya, membiarkan anak Anda bertanya kepada kepada orang lain untuk keperluannya sendiri dan sebagainya.

11. Perhatikan Anak Saat Berinteraksi
Penting bagi Anda untuk memperhatikan buah hati saat berinteraksi dengan anak lain. Ini dapat membantu Anda untuk dapat memahami perilaku anak. Jika anak Anda merasa bossy dengan teman-temannya, Anda bisa berbicara kepadanya nanti. Jika anak Anda sangat pemalu, bantulah dia untuk dapat membuka diri dengan teman-temannya. Adanya dukungan dari orangtuanya dapat membantu anak mendapat teman baru.

12. Jelaskan Arti Teman Pada Anak
Beritahu pada anak Anda tentang arti penting dari mempunyai teman. Ini dapat membuat anak Anda akan menyadari mengenai pentingnya teman. Apabila anak Anda sangat pemalu, Anda jangan terlalu memaksakan anak. Mereka mungkin perlu waktu untuk dapat membuka diri, berilah anak waktu yang cukup dan mereka butuhkan. Ketika mereka merasa nyaman dengan lingkungannya, maka dia juga nantinya akan dapat bersosialisasi dengan orang lain.
Anak kesepian
13. Permainan Sosialisasi
Jika anak Anda masih kecil, seperti usia 3 tahun ke bawah, Anda dapat melatih anak dengan mengajaknya bermain. Misalnya permainan seperti:
  • Tamu-tamuan, Anda memainkan peran sebagai seorang tamu yang akan bertamu ke rumah anak Anda.
  • Penjual danpembeli,Anda dapat berperan sebagai orang yang sedang melakukan transaksi jual beli. misalnya Anak Anda menjadi penjual dan Anda menjadi pembeli. Lakukanlah dialog dengan anak tentang barang dagangan yang ditawarkan.   
  • Bertelepon, dengan menggunakan telepon mainan, Anda bisa berperan sebagai orang yang menelepon anak. Lakukanlah percakapan seru, seperti tentang rencana bertamu ke rumahnya dan juga bersama-sama bertamu ke rumah teman.

Demikianlah 13 tips agar anak cerdas bersosialisasi. Semoga bisa membantu membuat buah hati Anda semakin percaya diri dan mudah dalam bergaul.

Tags: Anak pintar cerdas mendidik anak

Related Post "13 TIPS AGAR ANAK CERDAS BERSOSIALISASI"

6 TANDA ANAK HIPERAKTIF & PERBEDAANNYA DENGAN AKTIF BIASA
6 tanda anak hiperaktif & perbedaannya dengan
5 MANFAAT BERMAIN PUZZLE BAGI ANAK & BALITA
Ada 5 manfaat bermain puzzle bagi anak.
KENAPA ANAK BAYI JANGAN TIDUR DENGAN ORANG TUA?
Kenapa anak bayi jangan tidur dengan orang