9 TIPS MENDIDIK ANAK REMAJA MASA KINI

9 Tips Mendidik Anak Remaja Masa Kini – Apakah Anda mempunyai anak yang sedang memasuki usia remaja? Dan Anda merasa mulai sedikit kehilangan waktu Anda bersama anak? Anda tidak perlu kecewa. Karena hal seperti itu wajar saja terjadi terutama pada anak saat memasuki usia remaja. Ketika anak-anak mulai sering mengikuti  berbagai kegiatan di luar rumah, itu menunjukkan bahwa anak Anda merupakan anak-anak yang aktif dan juga mampu bersosialisasi dengan cukup baik.

Namun banyak juga orang tua yang seringkali merasa khawatir dengan pergaulan anak-anak mereka yang tidak selalu berada dalam pengawasannya, terlebih lagi bagi orang tua yang memiliki anak perempuan. Salah satu solusi agar Anda tetap bisa menjangkau pergaulan anak-anak Anda adalah dengan menjadi seorang ibu sekaligus seorang sahabat yang baik untuk anak remaja Anda. Berikut 9 tips mendidik anak remaja masa kini.
remaja masa kini
1. Berikan Pendidikan Agama Yang Cukup
Berikanlah pendidikan agama yang kuat sejak dini agar anak remaja Anda tidak terjerumus pada jalan yang kelam. Sebaiknya cari tahu apakah anak remaja Anda sudah mendapatkan pendidikan s*ks dan n4rkoba yang cukup di sekolahnya serta berikan anak Anda pendidikan tambahan tentang kedua hal tersebut dengan tepat oleh Anda di rumah agar anak tidak penasaran ataupun tergoda untuk mencari sendiri informasi tentang kedua hal tersebut di tempat lain yang tidak tepat.

2. Percaya Pada Anak
Berikan kepercayaan pada anak-anak Anda. Sebab pada dasarnya, anak-anak akan lebih menghargai kepercayaan yang telah diberikan oleh orang tua. Biarkanlah anak-anak Anda menerima konsekuensi atas apapunyang mereka lakukan. Apabila Anda sudah memberikan informasi tentang suatu hal, tapi mereka malah cenderung mengabaikannya, biarkan saja mereka menerima konsekuensi akan kesalahannya. Langkah seperti ini akan membuat anak remaja lebih mandiri dan juga berhati-hati dalam mengambil sebuah keputusan.

3. Tanamkan Tanggung Jawab Dalam Kebebasan
Mulailah hal ini dengan meyakinkan diri sendiri bahwa anak Anda sedang memasuki tahap perkembangan di dalam kehidupan sosialnya. Sebaiknya sebagai orang tua, Anda memberikan kebebasan pada anak, namun tetap diikuti dengan menanamkan tanggung jawab yang tidak boleh dilanggar oleh anak. Katakan pada mereka bahwa Anda mendukung dan memberi kebebasan pada mereka untuk berkreasi selama hal itu berada di jalur yang positif.

Jangan mengekang anak remaja dengan terlalu ketat. Saat Anda mengikatnya dengan terlalu kencang, anak remaja justru akan semakin kuat mencoba untuk lari dan juga berontak pada Anda. Sebaiknya Anda gunakan saja ‘metode tarik ulur’ agar anak dapat lebih menghargai Anda sebagai orang tua dan berikanlah batasan-batasan tertentu yang membuat anak dapat merasa bebas tapi tetap terkontrol.

4. Jangan Mempermalukan Anak
Tidak ada orang yang mau dipermalukan saat berada di depan orang lain, termasuk anak Anda. Jangan pernah mempermalukan anak sekecil apapun itu, apalagi saat di depan teman-temannya. Karena ini bisa membuatnya semakin jauh dari Anda dan kurang baik untuk perkembangan mental anak.

Jangan pernah menggunakan kata-katam4kian saat Anda menegur atau saat memarahi mereka. Saat Anda menggunakan kata-kata c4cian atau secara kasar ketika Anda marah, maka kata-kata tersebut akan selalu terngiang di dalam pikiran mereka. Semakin lama hal tersebut disimpan dalam memori mereka, maka akan semakin besar juga kesempatan untuk anak berubah dan jadi membenci Anda. Kata m4kian ataupun kasar bisa melukai perasaan anak dan juga menimbulkan sakit hati sehingga anak juga terpacu untuk dapat melakukan hal yang sama pada Anda.
remaja jepang
5. Jangan Membandingkan Anak
Jangan pernah membanding-bandingkan anak dengan teman-teman atau saudaranya. Karena ini malah akan menyakiti anak Anda. Setiap anak mempunyai karakter dan kelebihan masing-masing, bantu dia untuk berkembang dan menemukan potensinya, bukan dengan membanding-bandingkannya dengan orang lain.

6. Buat Anak Merasa Nyaman
Berikan anak-anak Anda ruang yang nyaman. Ini bukan hanya tentang memberi kebebasan pada anak Anda untuk bersosialisai dan juga berkreasi, Anda juga tidak dianjurkan untuk memaksa mereka agar selalu bercerita tentang apa saja yang telah dikerjakan hari ini. Anda dapat mengarahkan pembicaraan dengan anak mulai dari cerita lucu yang pernah Anda alami, ataupun bebagai informasi tentang berbagai hal yang mereka sukai.

Dengan cara seperti itu anak akan merasa tetap masih diperhatikan oleh orang tuanya dan tidak akan merasa asing. Tanpa diminta pun, mereka nantinya akan menceritakan apa yang telah dialaminya dan juga yang jadi keinginannya. Sehingga Anda bisa tahu bagaimana perkembangan anak remaja Anda sendiri.

7. Coba Mengerti Dunia Anak
Tak kenal maka tak sayang. Istilah ini cukup tepat menggambarkan dunia remaja anak Anda. Zaman orang tua waktu masih remaja dulu tentu berbeda dengan remaja saat ini. Oleh sebab itu mau tidak mau Anda harus belajar tentang dunia anak remaja masa kini agar Anda lebih mengerti dunianya.

8. Luangkan Waktu Bersama
Selain hari libur, sore hari biasanya merupakan waktu yang cukup hangat untuk kebanyakan keluarga. Pada saat-saat seperti itu luangkanlah waktu Anda untuk dapat menggali cerita tentang anak Anda, jika dia terlihat bersikap lebih murung dari biasanya. Berikanlah kenyamanan sehingga dia tidak merasa sendiri, ada Anda sebagai orang tua yang selalu peduli, selalu menyayangi serta mendukungnya.

9. Menjadi Sahabat Untuk Anak
Tempatkan diri Anda bukan hanya sebagai orang tua, tapi juga sebagai sahabat bagi anak remaja. Perbedaan usia Anda dengan anak akan membuat anak merasa canggung untuk menyampaikan pendapatnya. Jangan selalu memposisikan diri Anda sebagai orang tua yang mempunyai kuasa dan kata-katanya yang harus selalu dipatuhi anak. Anda harus lebih pintar dan jeli dalam menilai setiap situasi sehingga Anda dapat menempatkan diri dengan peran yang cukup tepat. Misalnya, jika anak sedang mengalami sebuah masalah di sekolah, sebaiknya jangan buru-buru untuk memberondongnya dengan banyak pertanyaan dan juga omelan. Hal seperti itu justru akan membuatnya marah dan tidak senang dengan kehadiran anda. Posisikanlah diri anda sebagai seorang sahabat yang dapat berperan sebagai tempat untuk dapat mencurahkan berbagai keluh kesah.
remaja siswa smp
Biarkan kepercayaan Anak dapat tumbuh secara perlahan pada Anda. Dan yang perlu diingat adalah bahwa anak remaja terkadang hanya membutuhkan Anda sebagai tempat untuk mendengarkan berbagai keluh kesah dan bukan tempat untuk mencari nasehat. Jika anak tidak bertanya pada Anda, sebaiknya jangan memberikan nasehat yang panjang dan lebih terkesan menghakimi.

Demikianlah Berikut 9 tips mendidik anak remaja masa kini. Anda sebagai orang tua dapat memakai 9 tips di atas dengan inovasi Anda sendiri, karena lingkungan keluarga dan karakter setiap anak juga berbeda. Lengkapi juga dengan membaca 6 tips Menghadapi Anak Saat Pubertas.

Tags: mendidik anak

Related Post "9 TIPS MENDIDIK ANAK REMAJA MASA KINI"

OBESITAS TERNYATA MEMPERCEPAT PUBERTAS ANAK
Obesitas ternyata mempercepat pubertas anak. Ini merupakan
6 CARA MENGHADAPI ANAK SAAT PUBERTAS
6 Cara Menghadapi Anak Saat Pubertas -
6 CARA MENGHADAPI ANAK SAAT MENSTURASI PERTAMA
6 Cara Menghadapi Anak Saat Mensturasi Pertama
9 CARA MENDIDIK ANAK YANG SALAH
9 Cara Mendidik Anak Yang Salah - Setiap orang