11 CARA MEMANDIKAN BAYI BAGI IBU PEMULA

11 Cara Memandikan Bayi Bagi Ibu PemulaRutinitas memandikan bayi memang sangat menyenangkan. Akan tapi seorang ibu, terutama yang baru mempunyai anak pertama harus melakukannya dengan hati-hati. Karena jika tidak, cukup banyak bahaya yang dapat mengancam si kecil saat dimandikan. Berikut ini beberapa tips dan 11 cara memandikan bayi bagi ibu pemula:

  1. Pastikan Anda sudah menyiapkan semua keperluan mandi bayi.
  2. Periksa terlebih dulu suhu air sebelum Anda memasukkan si kecil ke dalam air. Cara yang paling mudah untuk mengecek suhu air yang pas adalah dengan mencelupkan siku Anda ke dalam air. Jika air tidak terasa terlalu panas ataupun terlalu dingin, maka berarti suhu air sudah aman untuk bayi Anda. Menggunakan air hangat sangat penting saat memandikan bayi untuk dapat memberikan rasa nyaman dan juga menjaga agar suhu air kurang lebih bisa sama dengan suhu tubuh si kecil, sehingga bayi tidak merasa kedinginan.Suhu yang ideal sekitar 36-37 derajat celcius.

    gambar cara memandikan bayi yang aman
  3. Jangan memandikan bayi Anda dengan menggunakan air dingin, karena itu akan membuat kulitnya menjadi kering. Suhu air yang dingin tidak baik untuk kesehatan bayi.
  4. Batasi memandikan bayi dengan busa. Memandikan bayi dengan busa yang mengandung banyak detergent tidak baik untuk kulit bayi yang masih sensitif. Pilihlah menggunakan sabun yang aman untuk bayi Anda dan mengandung vitamin E, jangan pernah menggunakan sabun mandi bayi dengan kadar detergent yang cukup tinggi.   
  5. Tidak disarankan memandikan bayi dengan memakai sabun anti bakteri atau antiseptik, karena sabun anti septik itu bersifat irritant yang tentunya kurang baik bagi kulit bayi yang masih berkembang.
  6. Hindarilah memandikan bayi sesaat setelah dia makan, terutama jika si kecil baru saja lahir, karena bayi Anda yang baru lahir biasanya akan sedikit muntah setelah dia diberi makan. Jika hal ini terjadi saat bayi sedang mandi, nanti Anda malah justru harus memandikannya sekali lagi.
  7. Bukalah baju bayi dengan hati-hati, bungkus bayi dengan handuk di pangkuan Anda, kemudian usap mata bayi dengan kapas yang telah dibasahi dengan air matang yang dingin, bersihkan bagian sekitar wajah dan mulut bayi.Bersihkan mata bayi dari arah luar ke dalam dengan kapas yang dibasahi tersebut.
  8. Basuh bagian kepala, wajah, dada,leher, lengan, punggung dan juga tungkainya. Perhatikan juga daerah-daerah lipatannya. Bersihkan bagian lubang hidung bayi dan bagian terluar dari telinganya yang dapat dilihat yang terlihat dengan menggunakan kapas (cotton bud) yang basah.
  9. Sabunilah bagian kepala dan badan bayi.Lebih baik gunakan washlap. Pilih sabun bayi yang aman dengan formal PH balance agar tidak terasa pedih di mata.
  10. Keramasi rambut bayi, pegang kepala bayi di atas bak mandi. Setelah itu keringkan, lepaskanlah handuk, letakkan satu tangan Anda di bawah pundak bayi, sementara tangan yang lainnya diletakkan di bagian pantat. Masukkan bayi Anda secara perlahan ke dalam bak mandi.
  11. Topang bagian leher dan pundak bayi, sabuni dan setelah itu bilas. Pegang bagian p4ntatnya dan angkat. Bungkus bayi dengan handuk. Tepuk-tepuklah dengan lembut agar kering. Biarkan dulu bayi terbungkus dengan handuk saat Anda memakaikan baju dan popok bayi.
gambar cara memandikan bayi yang benar
Demikianlah 11 cara memandikan bayi bagi ibu pemula. Semoga bisa menjadi acuan Anda dalam memandikan bayi. Jika tips di atas masih belum jelas, Anda bisa menonton videonya dengan LIHAT DISINI.

Tags: Bayi Baru Lahir Merawat Bayi

Related Post "11 CARA MEMANDIKAN BAYI BAGI IBU PEMULA"

TIPS & CARA AGAR BULU MATA BAYI LENTIK ALAMI
Bagaimana tips & cara agar bulu mata
MANFAAT BOTOL SUSU BAYI & KAPAN MULAI MENGGUNAKANNYA
Botol susu bayi merupakan sebuah alat bantu
5 CARA AGAR RAMBUT ANAK BAYI LEBAT & TEBAL ALAMI
5 cara agar rambut anak bayi lebat
7 TIPS & CARA MENGHILANGKAN BAU PADA BOTOL SUSU BAYI
Bagaimana cara menghilangkan bau pada botol susu