PELUKAN IBU MEMBUAT ANAK CERDAS DAN PERCAYA DIRI

Pelukan Ibu Membuat Anak Cerdas Dan Percaya Diri – Pada dasarnya setiap orang tua terutama ibu mengetahui tentang pentingnya hubungan dan kedekatan antara buah hati dengan mereka. Banyak penelitian ilmiah telah menunjukkan bahwa pada dasarnya kebanyakan orang tua menyatakan bahwa kegiatan mereka menghabiskan waktu demi kedekatan dengan sang buah hati bisa menjadi hal yang jauh lebih penting dibandingkan dengan hal lainnya. Pada intinya adalah antara orang tua dan buah hatinya saling membutuhkan rasa cinta dan juga kasih sayang satu dengan lainnya, dan tentu saja hal itu tak dapat dipungkiri adanya. Banyak orang tua dan anaknya merasakan jika rasa cinta dan kasih sayang tidak didapatkan dari satu sama lainnya, maka keharmonisan dalam keluarga juga serasa tidak lengkap.
Pelukan ibu
Namun di sisi lain, banyak sekali hubungan antara orang tua dan juga anak yang terbengkalai, kurang kasih sayang dan hal ini selalu memicu ketidak harmonisan di dalam keluarga. Bahkan hal seperti ini akan menjadi sesuatu yang tidak baik atau berdampak negatif bagi perkembangan psikologis anak. Banyak hal yang dapat menyebabkan hal tersebut bisa terjadi, salah satunya adalah karena adanya tuntutan ekonomi dan juga pekerjaan yang membuat orang tua jadi kehilangan waktu untuk dapat bersama dalam waktu yang berkualitas dengan anak mereka. Kadang dikarenakan adanya kesibukan, orang tua harus pergi pagi-pagi sekali secara terburu-buru dikarenakan pekerjaannya yang menumpuk dan pulang ke rumah ketika anak-anak mereka sudah tertidur. Jika kondisi memang memaksa seperti demikian, salah satu cara yang dapat dilakukan orang tua untuk dapat mendekatkan hubungannya dengan buah meski mempunyai waktu sedikit adalah dengan cara sering  memeluk anak.
Pelukan ibu
Pelukan orang tua pada anak bisa menimbulkan ikatan batin dan juga kasih sayang yang kuat antara anak dengan orang tua. Mendapat pelukan bisa berarti mendapat dukungan, dan bagi orang yang memeluknya berarti akan dapat meningkatkan rasa percaya diri. Kehadiran hormon endomorfin yang dapat muncul saat berpelukan mampu mengurangi ketegangan saraf dan juga tekanan darah. Bahkan sebuah penelitian di university of Italia menunjukkan bahwa anak yang sering mendapatkan pelukan dari orang tuanya akan lebih mudah sembuh dari depresi, dan nantinya akan timbul rasa percaya diri untuk dapat menyelesaikan berbagai permasalahan yang dihadapinya.
Pelukan ibu
Bahkan pelukan ketika inisiasi dini atau sesaat setelah bayi terlahir ke dunia mampu mentransfer sejenis mikro organisme yang dapat membuat daya tahan tubuh si bayi akan jadi semakin kuat. Dan ketika pelukan dari orang tua dengan rasa sayangini diteruskan hingga ke masa kanak-kanak dapat membuat pribadi anak jadi tidak gampang stress, itu menurut Penelitian Journal of Epidemiology and Community Health. Anda jangan terlalu percaya pada mitos yang menyebutkan bahwa anak yang sering mendapatkan pelukan dari orang tuanya akan menjadi anak yang cengeng, bahkan sebaliknya, secara psikologis, seorang anak yang seringkali mendapatkan belaian, sentuhan dan juga pelukan kasih sayang dari orang tua akan tumbuh menjadi seorang anak yang penyayang, pertumbuhannya akan sehat dan akan merasa nyaman serta mempunyai tingkat kepercayaan diri yang tinggi.
Pelukan ibu
Peluklah buah hati anda sebelum Anda berangkat untuk bekerja. Bukankah memeluk anak tidak akan memerlukan waktu yang banyak? Peluklah anak dengan tulus, jangan dengan tergesa-gesa, curahkan segala rasa sayang serta cinta Anda ketika memeluk anak Anda. Ketika Anda telah pulang kerja, meskipun buah hati sudah tertidur pulas, peluklah anak Anda meskipun sedang tidur. Sesekali sisakan waktu Anda untuk tidur bersama si buah hati dan memeluknya. Meskipun dia berada di alam bawah sadar, pelukan orang tuanya ketika tidur tetap bisa memperkuat bonding antara orang tua dengan anak, karena ketika mereka tidur, anak-anak Anda masih berada di dalam gelombang alpha, dimana mereka masih dapat menerima rangsangan serta getaran dari perasaan cinta juga kasih sayang orang tuanya.

Selain sebagai ungkapan rasa kasih sayang, pelukan juga ternyata berdampak positif bagi kecerdasan otak anak. Melly Puspita Sari, Psi, M, NLPm Psychologist, seorang ahli psikologis anak mengatakan bahwa berpelukan dapat memancing keluarnya hormon okstitosin. hormon ini  dapat memberikan rasa nyaman serta dapat mengurangi racun dari zat bernama derifat yang berbahaya bagi otak.

Melly yang juga merupakan penulis buku berjudul The Miracle of Hug itu mengatakan bahwa zat derifat yang berlebih bisa menyebabkan penyempitan pada otak. ujungnya, kecerdasan dan kemampuan intelegensi anak juga menurun. Oleh karena itu jumlah zat derifat ini harus ditekan dan salah satu caranya adalah dengan berpelukan.
Pelukan ibu
Melly juga menyarankan agar orang tua memeluk buah hati sedikitnya sebanyak delapan kali dalam sehari. Dan tak lupa lakukan pelukan dengan tulus dan juga sepenuh hati. Peluk buah hati sampai menemukan titik yang nyaman. Bayangkan saja seolah pelukan tersebut adalah pelukan terakhir yang dapat Anda berikan.

Nah, jika pelukan ibu membuat anak cerdas dan percaya diri serta masih banyak manfaat lainnya, tunggu apa lagi? Berikan anak Anda pelukan terbaik sekarang juga.

Terimakasih telah membaca – Pelukan ibu membuat anak cerdas dan percaya diri – Semoga menjadi orang tua yang sukses! 

Tags: Anak pintar cerdas mendidik anak

Related Post "PELUKAN IBU MEMBUAT ANAK CERDAS DAN PERCAYA DIRI"

6 TANDA ANAK HIPERAKTIF & PERBEDAANNYA DENGAN AKTIF BIASA
6 tanda anak hiperaktif & perbedaannya dengan
5 MANFAAT BERMAIN PUZZLE BAGI ANAK & BALITA
Ada 5 manfaat bermain puzzle bagi anak.
KENAPA ANAK BAYI JANGAN TIDUR DENGAN ORANG TUA?
Kenapa anak bayi jangan tidur dengan orang