MENDIDIK ANAK DENGAN KASAR MENYEBABKAN KARDIOVASKULAR

Mendidik Anak Dengan Kasar Menyebabkan KardiovaskularDampak negatif dari perlakuan kasar dan juga kurangnya kasih sayang dari orang tua pada anaknya bisa berdampak buruk bagi kesehatan  anak, termasuk juga berisiko pada timbulnya penyakit kardiovaskular ketika anak sudah dew,asa. Penyakit kardiovaskular merupakan suatu penyakit gangguan pada jantung dan juga pembuluh darah. Karena sistem kardiovaskular ini sangat vital, maka penyakit kardiovaskular terbilang sangat berbahaya bagi kesehatan manusia. Ada banyak jenis penyakit kardiovaskular, akan tetapi yang paling umum dan yang paling terkenal ialah penyakit jantung serta stroke.

Sebuah penelitian ilmiah terbaru yang juga di klaim sebagai penelitian pertama yang melakukan penelitian dampak dari perlakuan kasar orang tua pada anak dan kurangnya rasa kasih sayang ini dilakukan para peneliti di University of California (UCLA) Los Angels. Mereka membuktikan bahwa mendidik anak dengan kasar menyebabkan kardiovaskular.
dimarahi ibu

Tim peneliti yang melakukan studi tersebut dibantu oleh sekitar 756 orang peserta berusia dew,asa yang bersedia untuk berpartisipasi dalam penelitian ilmiah yang disebut dengan CARDIA, kepanjangan dari Coronary Artery Risk Development in Young Ad-ult, mengukur delapan belas  tanda-tanda resiko bagi kesehatan biologis, termasuk didalamnya tekanan darah tinggi, masalah detak jantung, masalah hormon stres, termasuk kolesterol, peradangan dan juga regulasi gula darah.

Kemudian para peneliti menganalisa berbagai risiko untuk penyakit yang bersifat biologis dengan melihat dari data skala laporan diri atau yang dinamakan Risky Families Questionnaire. Hasilnya membuktikan bahwa mereka menemukan adanya suatu hubungan yang sangat signifikan antara data perlakuan kasar orang tua di masa kanak-kanak dengan adanya resiko kesehatan yang sangat buruk termasuk resiko terkena penyakit kardiovaskular ketika anak sudah beranjak dew,asa di antara para peserta.

Judith E. Carroll, PhD, seorang peneliti dari  Cousins Center for Psychoneuroimmunology – UCLA yang juga penulis utama penelitian ilmiah ini menyebutkan bahwa temuan dia dan timnya dapat menunjukan bahwa mungkin ada suatu cara untuk mengurangi dampak dari perlakukan kasar, setidaknya dari sisi kesehatan fisik si anak.

Masih menurut Caroll, jika seorang anak mendapatkan rasa cinta dan kasih sayang dari seseorang yang menjadi sosok orang tua, mereka mungkin merasa lebih terlindungi dari dampak negatif perlakukan kasar orang tua yang beresiko terhadap masalah kesehatan ketika ia dew,asa kelak, dibandingkan dengan mereka yang tidak mendapat cinta dan juga kasih sayang dari orang tuanya.

dimarahi ibu
Teresa E. Seeman, PhD., seorang profesor bidang epidomologi di Fielding School of Public HealthUCLA yang juga salah satu peneliti dalam studi ilmiah ini mengatakan bahwa penelitian yang dilakukannya ini dapat melihat sejauh mana pengalaman negatif si anak pada usia dini yang mempunyai hubungan dengan resiko kesehatan biologisnya menjadi terus meningkat di hampir semua sistem regulasi pada tubuh ketika dia dew,asa, seperti yang dilansir oleh harian Daily Mail.

Penelitian ilmiah yang juga sudah dipublikasikan lewat media online oleh Proceedings of the National Academy of Sciences dapat memberikan kesimpulan bahwa betapa luar biasa pentingnya sikap orang tua dalam mendidik dan juga mengasuh anaknya. Perlakuan seperti apapun dari orang tua dalam mendidik anaknya ternyata bisa mempengaruhi kesehatan biologis si anak ketika dia dew,asa. Jika perlakuannya baik, maka kesehatan anaknya juga akan lebih terjaga, sebaliknya mendidik anak dengan kasar menyebabkan kardiovaskular yang sangat berbahaya.

Memang benar bahwa ternyata mendidik anak itu harus dengan cinta, bukan dengan bentakan, kekerasan dan celaan.

Tags: mendidik anak

Related Post "MENDIDIK ANAK DENGAN KASAR MENYEBABKAN KARDIOVASKULAR"

ANAK BALITA SERING SAKIT, WAJARKAH?
Anak balita sering sakit, wajarkah? Tidak bisa
4 PENYEBAB ANAK KURUS & BERAT BADANNYA SUSAH NAIK
Ada 4 penyebab anak kurus & berat
KENAPA ANAK BAYI JANGAN TIDUR DENGAN ORANG TUA?
Kenapa anak bayi jangan tidur dengan orang