BAHAYA MENYUAPI ANAK MAKAN SAMBIL NONTON TV

Bahaya Menyuapi Anak Makan Sambil Nonton TVAnak denga usia 1 hingga 5 tahun biasanya akan mengalami masa-masa sulit makan. Sebagian ibu biasanya sering menyiasatinya dengan menyuapi sang anak sambil menyaksikan film kartun favorit anak. Tapi ternyata trik seperti ini tidak baik juga lho dan cukup bahaya menyuapi makan sambil nonton TV.

Seorang dokter ahli gizi yang juga merupakan staf pengajar di FKUI, Dr dr Saptawati Bardosono MSc menyebutkan bahwa anak-anak mulai dari usia 15 bulan biasanya memang akan mengalami yang namanya susah jika diberi makan. Itu merupakan hal wajar, sebab ada perubahan pada pola makannya, anak juga sudah mulai mengenal dengan makan yang tidak berbentuk bubur, anak juga sudah mulai bisa mengatakan tidak. Namun jika menyiasatinya dengan cara menakut-nakuti anak ataupun mengajaknya menonton film kartun agar si buah hati mau makan juga bukan cara yang benar.
anak tidak mau makan
Saptawati juga mengatakan bahwa jika anak sudah melewati masa-masa minum ASI, melewati masa bayi atau anak pada usia batita, masalah makan terkadang mulai muncul. Saat ini terjadi biasanya sebagian ibu akan merasa sangat khawatir dengan keadaan tumbuh kembang anak sebab si kecil sulit untuk makan dan akhirnya asupan nutrisi dari makanan yang masuk dalam tubuhnya menjadi kurang.

Perubahan pola makan pada anak yang tadinya selalu tergantung pada ibunya dan tidak pernah bilang tidak, mulai mengalami masa problem pada makannya karena dia sudah dapat memilih makanannya sendiri, ada penurunan pada nafsu makannya atau pertumbuhan sebab masa transisi.

Saptawati juga mengatakan bahwa anak itu memang sangat membutuhkan zat gizi protein dan juga energi lalu kemudian nutrien seperti zat besi vitamin A, B, C, D dan E, kalsium, yodium, zink serta folat. Namun apabila anak tidak juga mau makan setelah rentang 20 menit Ibu mencoba membujuknya, sebaiknya tidak perlu dipaksakan karena nanti si anak akan menjadi stress.

Menurut dr. Saptawati, kebanyakan Ibu biasanya lebih memilih untuk menakut-nakuti si kecil atau mengiming-imingi dan berusaha membujuk untuk menyuapi si anak saat menonton film yang menjadi kesukaannya. Namun ternyata hal itu tidak baik bagi anak. Karena anak jadi tidak bisa mengenali apa yang sedang dia makan dan nantinya akan merasa tidak diperhatikan oleh orangtuanya.

Kepada media online Detikhealth, Saptawati juga menjelaskan bahwa jika anak tidak mau makan, jangan malah dikasih untuk nonton film kartun sambil disuapin. Tapi coba suapin anak dengan sambil diperkenalkan makanan yang dimakannya itu apa, apa manfaatnya atau ajak anak sambil jalan-jalan di area taman. Apalagi jika di sana anak bisa melihat temannya yang lain yang mau makan juga.
anak mau makan buah
Saptawati juga menyebutkan bahwa alasan kenapa seorang Ibu harus peduli jika anak mau makan atau tidak adalah karena jika anak merasa malas untuk makan dikhawatirkan ada gangguan imunitas. Mungkin saja beratbadan si anak tidak turun tapi tetap ada gangguan pada imunitasnya.

Tips dari Saptawati untuk para ibu agar buah hatinya mau makan adalah lebih baik jika disiasati dengan cara menyisipkan buah serta sayuran di dalam makanan yang menjadi kesukaan si anak, misalnya dengan menyisipkan wortel yang dibungkus dengan daging sapi dan lain sebagainya.

Nah, untuk para bunda, mulai sekarang mesti ingat bahaya menyuapi anak makan sambil nonton TV ya. Berikan si kecil makanan bergizi dan kaya nutrisi namun dengan trik yang tepat.

Tags: perkembangan anak

Related Post "BAHAYA MENYUAPI ANAK MAKAN SAMBIL NONTON TV"

MAKANAN IBU MENYUSUI AGAR BAYI CERDAS & PINTAR
Apa saja makanan ibu menyusui agar bayi
PILIH GENDONGAN BAYI DEPAN ATAU SAMPING? INI PLUS MINUSNYA!
Pilih gendongan bayi depan atau samping? Pertanyaan
5 TIPS MENGASUH BAYI TANPA BABYSITTER
5 tips mengasuh bayi tanpa babysitter ini
ANAK BALITA SERING SAKIT, WAJARKAH?
Anak balita sering sakit, wajarkah? Tidak bisa