BAYI DALAM KANDUNGAN BISA CERDAS ASALKAN?

Bayi dalam kandungan bisa cerdas Asalkan? Mendidik anak sejak usia dini agar cerdas? sekarang sudah tidak zamannya lagi. Karena menstimulasi  kecerdasan pada otak bayi, ternyata tidak cuma harus kita lakukan saat bayi sudah lahir. Memberikan stimulasi pada kecerdasan bayi ternyata juga harus diberikan pada saat usia kehamilan seorang ibu mencapai usia enam bulan. Karena pada waktu itulah sel-sel pada otak bayi dalam kandungan mulai bertumbuh dan berkembang dengan cepat. Akan lebih baik apabila stimulasi-stimulasi untuk kecerdasan bayi tersebut dilakukan hingga usia bayi Anda menginjak 3 tahun. Stimulasi yang diberikan sejak bayi dalam kandungan, yaitu saat usia kehamilan mencapai 6 bulan dapat dilakukan dengan banyak cara. Bayi dalam kandungan bisa cerdas asalkan cara dan tips dibawah ini Anda terapkan. 
bayi dalam kandungan
Mengajak bicara
Jangan merasa malu ataupun segan untuk meluangkan waktu Anda demi hati dengan mengajaknya bicara. Bicaralah padanya dengan suara yang lembut, agar buah hati anda mengenali anda sebagai ibu yang penuh kasih sayang sejak dalam kandungan. Jika perlu, ajaklah buah hati anda untuk mengenal suara ayah juga, dengan cara meminta sang ayah untuk berbicara dengan janin dengan jarak yang cukup dekat dengan perut anda. Janin yang masih berkembang di rahim seorang ibu sudah mampu mendengar suara-suara yang terdapat di luar rahim. Bayi yang berada di dalam kandungan mempunyai kemampuan yang sangat terbatas untuk mendengar, namun bisa membedakan suara ibunya sendiri.

Mendongengkan
Mendongenglah untuk janin semenjak dalam kandungan. Aktiflah dalam berbicara agar bayi anda mengenal banyak kosa kata baru walaupun bayi Anda masih ada di dalam kandungan ibunya dan belum tahu arti kosakata tersebut.

Menyanyikan lagu
Bernyanyilah setiap hari agar buah hati anda dapat mendengar suara nyanyian anda. Nyanyian seorang ibu yang penuh kasih sayang, dipercaya dapat menenangkan hati bayi anda. Namun tentu saja harus dipilih lagu-lagu yang menenangkan hati, bukan lagu-lagu yang keras ataupun mengandung lirik yang tidak baik. 
bayi dalam kandungan
Selain itu mendengarkan musik yang tenang seperti musik klasik, musik Jazz atau lantunan ayat suci Al-Qur’an dengan nada lembut juga sudah terbukti dapat membantu menstimulasi otak bayi yang masih berada dalam kandungan. Cara ini sudah diyakini oleh banyak pakar kandungan sebagai salah satu faktor kuat agar bayi cerdas sejak dalam kandungan.

Pakar kesehatan kandungan dari NYU Brain Research Laboratories menyatakan bahwa mendengarkan musik yang berirama tenang atau membacakan puisi untuk bayi Anda semasa dalam kandungan sangat berguna untuk meningkatkan kemampuannya dalam menulis, membaca dan berbahasa pada bayi kelak setelah lahir.

Mengelus-elus perut
Usapan-usapan tangan dengan lembut dan penuh cinta pada bagian perut sang ibu, ternyata juga terbukti secara ilmiah dapat menstimulasi kecerdasan otak anak.

Memberi cahaya redup
Dalam Studi Journal of the American Academy of Child & Adolescent Psychology disarankan memberi cahaya yang redup pada perut ibu hamil. Cahaya yang redup dapat menstimulasi kecerdasan otak bayi sewaktu diletakkan berdekatan dengan perut ibu. Tapi, Anda jangan memberikan bayi cahaya yang terang secara langsung di perut ibu, karena hal tersebut bisa membahayakan mata bayi. Anda akan merasakan respons dari bayi sewaktu merasakan adanya gerakan seperti menendang ataupun bergerak dari dalam perut Anda. 
bayi dalam kandungan
Berdoa
Perbanyaklah berdoa. Berdoalah dengan suara yang dilisankan, bukan hanya dalam hati saja. Hal ini juga tidak kalah penting untuk memberikan stimulasi kecerdasan pada otak bayi, terutama kecerdasan spiritual anak Anda.

Menjaga Asupan Nutrisi Makanan
Selama bayi ada berada di dalam kandungan, usahakan untuk memakan makanan yang bergizi dan mengandung nutrisi yang dibutuhkan bayi, terutama yang dapat memacu perkembangan otak bayi. Makanan-makanan bergizi tersebut antara lain yang cukup mengandung protein, karbohidrat, dan juga lemak. Anda juga perlu mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin, seperti makanan yang mengandung vitamin B1, B6, yodium, asam folfat, , seng, DHA, zat besi, AA dan lain-lain yang banyak dianjurkan oleh para pakar kesehatan bayi dan kandungan. Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan seorang dokter spesialis kandungan atau ahli gizi. Jangan sampai Anda sembarangan memberikan multivitamin, agar tidak mengganggu kesehatan fisik ataupun kesehatan mental buah hati anda nantinya.

Dahulukan mengkonsumsi makanan yang segar alami. Usahakan untuk tidak mengkonsumsi  makanan-makanan kaleng yang banyak mengandung bahan pengawet, mengandung pewarna dan juga pemanis buatan. Karena selain berbahaya bagi kesehatan bayi, juga dapat berpengaruh pada perkembangan otak bayi yang sedang dikandung. Hal ini juga sangat penting dan harus diperhatikan jika ingin bayi dalam kandungan menjadi cerdas nantinya. 
ibu hamil bayi dalam kandungan
Mengkonsumsi makanan yang tepat tidak hanya akan memberikan keuntungan pada ibu hamil, akan tetapi memberikan dampak positif pada perkembangan bayi dalam kandungan. Makanan tinggi lemak omega-3 atau nabati dan turunannya (DHA) mampu meningkatkan perkembangan otak pada bayi.

Ikan berlemak seperti ikan tuna, ikan salmon, ikan herring, minyak ikan dan juga hati yang tinggi omega-3, serta unggas dan juga kuning telur sangat dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan DHA bayi. Selain itu, makanan yang mengandung asam folat yang tinggi seperti buah jeruk, brokoli, hati, sayur-sayuran berdaun hijau dan juga kacang-kacangan dapat menghilangkan risiko cacat saraf pada otak dan juga tulang belakang bayi.

Kurangi Stres
Banyak penelitian yang membuktikan bahwa stress dapat mengganggu perkembangan kecerdasan otak bayi. Maka saat seorang ibu dengan masa kehamilan yang mulai mencapai enam bulan, sebaiknya jangan terlalu banyak bekerja. Terutama harus dihindari pekerjaan-pekerjaan yang dapat memacu tingkat stress seorang ibu hamil. Bila seorang ibu merasa stress, bayi yang masih berada di dalam kandungan jugabisa merasakannya, karena Anda berbagi hormon dengan sang bayi. Dan hal seperti ini dipercaya dapat menghambat kecerdasan bayi. Untuk mengurangi dan menghindari stres, Anda dapat mempraktikkan latihan relaksasi, yoga atau meditasi yang banyak digandrungi sekarang ini.

Refreshing pada tempat dengan udara yang cukup segar dan selalu berbeda mampu memberikan kesempatan pada bayi yang masih dalam kandungan untuk belajar merasakan dan menikmati perubahan-perubahan yang juga membuat otaknya menjadi terstimulasi. 
muslimah hamil bayi dalam kandungan
Hentikan kebiasaan yang tidak sehat
Hentikan kebiasaan mer0kok, minum alko-hol atau mengonsumsi obat-obatan. Hal-hal seperti ini dapat menghambat perkembangan otak bayi Anda, hal ini sebagaimana hasil studi yang dilakukan di Moffitt Cancer Center. Sayangi bayi Anda, agar bayi dalam kandungan bisa cerdas sebagaimana yang diharapkan orangtua.

Tags: Anak pintar cerdas bayi sehat

Related Post "BAYI DALAM KANDUNGAN BISA CERDAS ASALKAN?"

5 TIPS MENGASUH BAYI TANPA BABYSITTER
5 tips mengasuh bayi tanpa babysitter ini
ANAK BALITA SERING SAKIT, WAJARKAH?
Anak balita sering sakit, wajarkah? Tidak bisa
BAHAYA BEDAK BAYI & CARA AMAN MENGGUNAKANNYA
Bunda, ketahui bahaya bedak bayi dan cara
4 MANFAAT IKAN UNTUK MPASI BAYI, TIPS & RESEP
Bunda, ketahui 4 manfaat ikan untuk MPASI