BAJU BAYI YANG AMAN, INI TIPSNYA

Baju Bayi Yang Aman, Ini TipsnyaMemilih pakaian untuk bayi memang berbeda dengan memilih pakaian untuk orang dew,asa. Model baju bayi yang lucu saja tentu tidak cukup untuk menjadi pertimbangan. Perlu Anda diketahui bahwa jika Anda salah dalam memilih baju untuk bayi, maka Anda juga berarti  bertaruh pada kesehatan bayi Anda.

Dr Titi Lestari Sugito Sp KK, sebagaimana dikutip oleh Republika, menyebutkan bahwa saat lahir kulit bayi memang sangat tipis. Bahkan, tidak jarang kita seperti bisa melihat bagian urat-urat dibalik kulitnya. Jika Anda ingin baju bayi yang aman, ini tipsnya!
baju bayi lucu

Waspada zat-zat berbahaya
Pewarnaan yang sangat kuat pada baju bayi akan mengakibatkan warna baju bayi jadi mudah luntur. Hal ini tentu sangat mengkhawatirkan. Jika pewarna pada baju tersebut terkena keringat bayi Anda, maka zat warnanya nanti akan luntur dan mengenai kulit bayi Anda. Akibatnya, nanti bisa saja terjadi alergi pada bayi, akan tetapi yang paling berbahaya adalah jika zat pewarna pada baju tersebut terserap dan masuk ke dalam tubuh bayi, sebab kulit bayi yang masih sangat tipis. Selain itu, warna baju bayi yang terlalu terang juga bisa menghilangkan warna yang natural pada kulit bayi. Jadi, untuk bayi sebaiknya pilihkan baju dengan warna-warna pastel saja.

Pilih bahan terbaik
Bahan yang terbaik untuk baju bayi adalah bahan katun yang tidak berbulu. Hal ini karena bahan katun lebih mudah dalam menyerap keringat dan juga tidak luntur oleh proses pewarnaan yang kurang tepat. Bahan katun juga tidak menimbulkan rasa gatal pada bayi ataupun alergi pada kulitnya. Contohnya jika Anda memasukkan tangan ke dalam pakaian dengan bahan ini, maka akan terasa dingin atau adem. Katun juga termasuk bahan pakaian yang cukup mudah perawatannya.

baju bayi lucu
Ukuran dan ketebalan baju
Sebagaimana kita ketahui, bayi normal selalu tumbuh dengan cepatnya. Ukuran baju bayi juga bermacam-macam. Biasanya ukuran baju bayi bertuliskan: new born, 3 bulan, ada yang bertuliskan 6 bulan, 9 bulan, 12 bulan, 18 bulan, 24 bulan, dan juga lainnya. Bahkan ada juga yang memberikan kisaran saja, misalnya seperti0-3 bulan atau 3-6 bulan. Untuk permulaan, sebaiknya Anda dapat membeli baju bayi dengan ukuran new born. Kemudian, karena bayi Anda akan tumbuh dengan cepat, Anda bisa membelikan baju yang berukuran lebih besar. Hal ini diperlukan agar Anda tidak perlu membuang-buang uang untuk membeli pakaian bayi saja.

Pilih Yang Nyaman Bagi Bayi
Selain yang disebutkan diatas, pakaian bayi juga harus mempunyai sirkulasi udara yang cukup baik. Jangan memakaikan bayi baju yang terlalu pas atau terlalu ketat di badannya. Terutama pada bagian leher, ketiak, lengan, dan perut serta selangkangannya. Hal ini tentu akan menghambat gerak bayi Anda yang sangat membutuhkan gerak yang cukup leluasa. Ukuran baju bayi yang terlalu sempit juga bisa membuat bayi Anda sesak napas. Ketebalan baju bayi pun harus disesuaikan dengan kondisi lingkungan dan suhu udara pada saat itu. Sebaiknya kenakan pakaian bayi yang agak tebal pada saat cuaca sedang dingin. Dan kenakan baju yang tipis pada saat cuaca sedang panas.

Model dan aksesori baju
Model pakaian bayi yang lucu selalu ditampilkan dengan berbagai variasi. Baik itu dari sisi warnanya, aksennya seperti model kerah, tali-tali, kerutan, serta berbagai kelengkapannya, misalnya seperti kancing dan karet elastis. Namun, kerah baju bayi yang terlalu kaku bisa membuat leher menjadi  bayi gatal. Tali-tali pada baju juga dikhawatirkan dapat membuat bayi Anda merasa tercekik. 
baju bayi lucu
Sedangkan kancing-kancing pada baju yang terlalu besar dikhawatirkan akan mengganggu bayi pada saat dia tengkurap. Pilihan baju bayi dengan aksesori juga harus benar-benar aman bagi bayi, seperti baju yang tidak mudah copot sehingga bayi terhindar dari risiko berbahaya jika baju tersebut ditarik dengan tangannya dan dimasukkan ke dalam mulutnya.

Agar Anda dapat memilih baju bayi yang aman, ini tipsnya yang harus Anda perhatikan demi kesehatan si buah hati. Selamat berbelanja! ^_^

Source: Republika

Tags: bayi sehat Merawat Bayi

Related Post "BAJU BAYI YANG AMAN, INI TIPSNYA"

MAKANAN IBU MENYUSUI AGAR BAYI CERDAS & PINTAR
Apa saja makanan ibu menyusui agar bayi
PILIH GENDONGAN BAYI DEPAN ATAU SAMPING? INI PLUS MINUSNYA!
Pilih gendongan bayi depan atau samping? Pertanyaan
5 TIPS MENGASUH BAYI TANPA BABYSITTER
5 tips mengasuh bayi tanpa babysitter ini
ANAK BALITA SERING SAKIT, WAJARKAH?
Anak balita sering sakit, wajarkah? Tidak bisa