AGAR ANAK TIDAK TAKUT KE DOKTER GIGI

Agar Anak Tidak Takut Ke Dokter Gigi – Bagi sebagian anak, pertamakali mendatangi dokter gigi terkesan menyeramkan. Mungkin karena mendengar cerita yang tidak-tidak dari teman-temannya ataupun melihat tontonan yang menyeramkan tentang dokter gigi di film-film. Membujuk anak untuk berangkat ke dokter gigi untuk pertama kali  memang menjadi tantangan tersendiri yang cukup susah bagi sebagian besar orang tua.

Berikut ini merupakan tips efektif yang sudah dipraktekkan oleh banyak orang tua untuk meyakinkan anak agar mau ke dokter gigi dan agar anak tidak takut ke dokter gigi saat diajak berangkat untuk periksa gigi.
dokter gigi 300x255 AGAR ANAK TIDAK TAKUT KE DOKTER GIGI

1. Kenalkan banyak hal yangberhubungan dengan dokter gigi

Alasan utama anak Anda menolak untuk diajak pergi ke dokter gigi biasanya adalah rasa takut. Rasa takut pada anak yang biasanya muncul karena diakibatkan ketidaktahuan mereka. Anak tidak tahu apa nantinya yang akan terjadi saat dia tiba di tempat dokter gigi. Bisa jadi anak merasa takut bahwa nanti dokter gigi akan menyuntiknya atau berbuat sesuatu yang menyakiti mereka.
Oleh sebab itu, penting bagi orang tua untuk membiasakan anaknya dengan mengenal dokter gigi, baik itu mengenal tempat ataupun aktivitas yang akan dilakukannya di tempat dokter gigi sebelum membawa anaknya pergi ke dokter gigi.
Sampaikan pada anak Anda tentang apa yang akan bisa mereka dapatkan dan akan temukan di tempat dokter gigi. Jika memungkinkan, Anda bisa menjelaskan pada anak dengan bantuan menunjukkan ilustrasi gambar yang menyenangkan. Anda bisa cari di google gambar-gambar tentang hal ini dengan mengetik ‘dentist room for kids’. 

Sampaikan juga pada buah hati apa alasan Anda membawanya ke dokter gigi, yaitu supaya gigi mereka bagus, kuat dan kesehatan gigi mereka terjaga.
2. Jadilah contoh yang bagi anak
Sebagian anak mungkin tidak akan dengan mudah mempercayai ucapan orangtuanya tentang dokter gigi. Oleh sebab itu, cara yang paling baik adalah menjadi contoh untuk anak Anda dan biarkan anak-anak meniru apa yang Anda lakukan. Anak pasti akan cenderung meniru apa yang dilakukan oleh orang lain, sebagai orangtua jelas Anda mempunyai pengaruh yang sangat besar bagi anak.
Anda dapat menemui atau berkunjung ke tempat dokter gigi terlebih dulu dan biarkan anak Anda  melihat dan mengamati apa yang terjadi di dalam ruangan saat Anda periksa gigi.
dokter gigi3 300x190 AGAR ANAK TIDAK TAKUT KE DOKTER GIGI
Jika Anda sebagai orang tua masuk dan meninggalkan ruangan tempak pemeriksaan dokter gigi dengan suasana hati yang nyaman, senang, baik dan dengan senyuman. Maka anak Anda akan mempunyai kesan yang baik dan menyenangkan tentang dokter gigi. Selain itu, hal ini juga akan membuat anak jadi merasa penasaran dan mau mencoba untuk memeriksakan giginya ke dokter gigi.
3. Berikan Positif Reward
Apabila kedua cara seperti di atas belum juga berhasil.maka Anda bisa mencobanya dengan  mengatakan pada anak bahwa Anda akan memberinya hadiah jika mau diajak  ke dokter gigi.
Hadiah ataupun positif reward merupakan suatu penguatan positif untuk meningkatkan perilaku anak. Anda sebagai orangtua lebih tahu apa yang benar-benar diinginkan oleh anak Anda sehingga anak mau di ajak pergi ke dokter gigi.
Apapun metode yang Anda gunakan untuk dapat membawa anak pergi ke dokter gigi, ingatlah untuk selalu memberi anak hadiah jika Anda berhasil mengajak mereka untuk mau pergi ke dokter gigi. Hadiah ini tidak usah selalu berbentuk barang atau mainan, yang paling simple adalah kata-kata pujian untuk anak. Anda juga bisa memasak atau membelikan makanan favoritnya.
Memberikan reward berupa pujian ataupun lainnya pada anak yang mau ke dokter gigi bisa memberikan hasil yang positif dan dapat membuat anak jadi lebih mudah untuk diajak pergi ke dokter gigi pada pemeriksaan selanjutnya.
4. Dokter Gigi Khusus Anak
Sebaiknya ajak anak Anda ke dokter gigi yang khusus untuk anak atau dokter gigi yang mempunyai ruangan khusus untuk anak. Ruangan khusus anak biasanya di desain secara baik dengan aksesoris dan pernak-pernik tertentu agar anak merasaa nyaman dan menghilangkan kesan menakutkan bagi anak. 
dokter gigi2 300x200 AGAR ANAK TIDAK TAKUT KE DOKTER GIGI
Itulah cara dan tips agar anak tidak takut ke dokter gigi. Jangan menganggap remeh kesehatan gigi anak Anda, anak rajin sikat gigi saja tidak cukup, jika anak sudah menderita sakit gigi, akan sangat merepotkan. Semoga bisa membantu para orang tua.

Comments

comments

Posted in: kesehatan anak

Leave a Comment