TANDA BAYI 0-12 BULAN CACINGAN

Tanda Bayi 0-12 Bulan Cacingan – Penyakit cacingan biasanya terjadi pada orang dew-asa. Namun tidak jarang juga cacingan menyerang bayi yang masih berusia 0 bulan hingga 12bulan. Mengenali gejala penyakit cacingan pada bayi memang tidaklah mudah. Namun, Anda dapat mengenalinya dengan beberapa melihat gejala-gejala yang ditimbulkan. Seorang dokter spesialis anak, dr. Edy Jo, Sp.A(K) menerangkan bahwa ada beberapa tanda dan gejala yang biasa terjadi pada bayi yang sedang mengalami penyakit cacingan dan gejala itu hampir sama dengan yang terjadi pada anak-anak dan orang dew-asa, seperti dikutip dari berita dalam Tabloid Mom & Kiddie. Berikut tanda-tanda bayi 0-12 bulan cacingan. 
anak bayi menangis
1. Bayi akan tampak lesu
Bayi akan tampak lesu, lemah, lemas dan kadang terlihat pucat atau mengalami anemia (kurang darah). Hal tersebut disebabkan oleh cacing pada bayi yang sifatnya parasit dan mengisap darah pada pembuluh darah bayi Anda. Cacing yang biasa menghisap darah tersebut adalah jenis cacing tambang dan jenis cacing cambuk.

2. Berbadan Kurus
Ciri lain bayi cacingan yang sangat jelas terlihat adalah bayi berbadan kurus dan terlihat seperti bayi yang kekurangan gizi, tangan dan kakinya sangat kurus sedangkan perutnya terlihat buncit. Itu disebabkan karena adanya cacing ascaris yang suka menyerap nutrisi makanan pada tubuh bayi. Ciri ini juga bisa dilihat dari grafik yang ada pada KMS (Kartu Menuju Sehat) bayi yang terlihat kurang bagus atau diketahui bahwa bayi kekurangan gizi.

3. Bayi biasanya rewel dan terlihat tidak nyaman
Kemungkinan besar penyebab bayi merasa tidak nyaman terdapat pada du-burnya atau bayi merasa gatal namun tentu saja bayi tidak bisa menggaruknya, ini terutama terjadi pada malam hari. Dubur bayi yang gatal bisa juga dijadikan salah satu gejala penyakit cacingan. Ini diakibatkan oleh cacing kremi.

4. Batuk berkepanjangan
Hal ini yang paling harus diwaspadai, karena ini dapat terjadi jika cacing pada tubuh bayi telah menginfeksi paru-paru bayi Anda, sehingga bisa mengganggu sistem pernapasan pada bayi.
anak bayi menangis
5. Gangguan pencernaan
Gejala cacingan lainnya adalah adanya gangguan yang terjadi pada lambung dan saluran cerna bayi, seperti penyakit diare dan bayi susah buang air besar. Hal tersebut dapat terjadi karena cacing pada perut bayi telah mengganggu proses metabolisme dan pencernaan bayi.

Hal yang bisa Anda lakukan sebagai orangtua untuk mengetahui apakah anak atau bayi Anda terkena penyakit cacingan atau tidak adalah dengan mengecek feses bayi Anda. Biasanya pemeriksaan feses disarankan jika ditemukan adanya indikasi bayi cacingan seperti yang disebutkan diatas. Feses yang harus diperiksa adalah feses yang baru saja dikeluarkan atau yang dikeluarkan oleh bayi paling lama satu jam sebelum dilakukan pemeriksaan laboratorium. Hal itu agar lebih cepat terdeteksi adanya cacing ataupun larva cacing yang masih hidup. Karena bayi masih sangat rentan terhadap apa pun, maka sebaiknya Anda sebagai orangtua jangan sembarangan memberikan obat cacing untuk bayi Anda. Obat cacing untuk bayi harus dengan resep dari dokter. Periksakan bayi Anda ke dokter segera!

Tags: bayi sehat Merawat Bayi

Related Post "TANDA BAYI 0-12 BULAN CACINGAN"

MAKANAN IBU MENYUSUI AGAR BAYI CERDAS & PINTAR
Apa saja makanan ibu menyusui agar bayi
PILIH GENDONGAN BAYI DEPAN ATAU SAMPING? INI PLUS MINUSNYA!
Pilih gendongan bayi depan atau samping? Pertanyaan
5 TIPS MENGASUH BAYI TANPA BABYSITTER
5 tips mengasuh bayi tanpa babysitter ini
ANAK BALITA SERING SAKIT, WAJARKAH?
Anak balita sering sakit, wajarkah? Tidak bisa