MEMAHAMI ARTI BAHASA BAYI

Memahami Arti Bahasa BayiSetelah bayi berumur beberapa bulan, mereka mulai bersuara. Ini normal dan diinginkan oleh orang tua, tetapi jika Anda pernah bertanya-tanya mengapa atau bagaimana, di sini adalah fakta-fakta tentang perkembangan bahasa pada bayi dan anak-anak. Jika bayi hanya melihat Anda dengan matanya dan berkata, “Mahmahdahshplt,” jangan terlalu terburu-buru untuk menganggap bahwa ia tidak akan pernah mengerti bahasa Indonesia. Suara-suara bayi yang tidak dapat dimengerti itu merupakan suatu jalan untuk bayi dapat berbicara.

Apakah dia mengoceh dalam bahasa Indonesia,jawa, Sunda, Batak, atau bahasa lainnya.Anak Anda mungkin akan tampak mirip dengan anak-anak lain seusianya. Dia akan mengeluarkan bunyi-bunyi konsonan, meniru suara pesawat dan bahkan mungkin memberi tahu tanda ketidaksukaan terhadap sesuatu. Jangan khawatir! Dia tidak marah pad Anda. Bayi mengoceh ketika mereka secara emosional kurang tenang. Bayi akan bersuara dan mengoceh berulang atau beraneka ragam: Ka-ba-mu-mi-doy-doy adalah celoteh beraneka ragam, sedangkan da-da-da-da-da, adalah yang berulang-ulang. Keduanya merupakan jenis ocehan yang normal saja.
bayi tertawa

Penting bagi Anda sebagai orang tua untuk berbicara dengan bayi Anda, bahkan ketika ia berkomunikasi dengan Anda dalam bahasa yang Anda sama sekali tidak dapat mengerti. Bayi dilahirkan untuk bersosialisasi, jadi pegang dengan lembut bayi Anda sehingga dekat dengan Anda dia bisa melihat mata Anda. kemudian bicaralah dengannya tentang apa pun! Katakan padanya apa yang Anda lakukan, apa yang Anda pikirkan tentang cuaca, atau hanya mengatakan bahwa Anda mencintainya. Sangat penting bagi bayi mendengarkan percakapan. Berbicara mengajarkan bayi untuk mendengarkan, meningkatkan kepercayaan diri bayi, menstimulasi perkembangan otak bayi dan membuka jalan bagi berkembangnya kemampuan verbalnya.

Bayi mengenali suara ibu mereka dari saat mereka berada di dalam rahim. Ucapan Anda tidak hanya akan membantu anak untuk memahami bahasa, tetapi juga akan memberikan dia kenyamanan dan hiburan yang sangat dibutuhkan anak.

Kata Pertama Anak Anda
Bayi Anda mungkin akan mulai dengan berbisik dan bergelegak saat usianya sekitar 0 sampai 3 bulan. Dia akan menghirup udara untuk memberitahu Anda bahwa dia mendengar suara, dan dia akan merespon suara Anda dengan kontak mata yang tenang. Saat ia tumbuh, ia akan mulai belajar bicara yang simple, seperti ‘mama’, ‘papa’, atau ‘gaga’. Pada saat anak Anda berusia 7 sampai 12 bulan, ocehan bayinya akan mulai membentuk kata-kata yang koheren. Kemudian, dia akan mulai mengatakan satu, dua, dan tiga kalimat. Ingat bahwa bahasa anak berkembang ada waktunya tersendiri yang mungkin berbeda dengan anak lainnya, mungkin selama masa bayi, anak Anda mengetahui lebih banyak kata daripada yang dia bisa ucapkan. Jadi, seharusnya tidak menyebabkan Anda khawatir berlebihan jika anak Anda tidak berbicara sesuai dengan tahap perkembangan yang ditetapkan oleh dokter, ilmuwan, atau orang lain yang mengatakan itu pada Anda. Yang penting perhatikan bayi jika dia tidak tertarik pada komunikasi atau tidak melakukan kontak mata dengan Anda. Ini mungkin menunjukkan keterlambatan perkembangan bahasa. 

bayi tersenyum
Ini Sebuah Dunia Bayi
Kata-kata pertama yang sering di ucapkan adalah ‘mama’ atau ‘papa’, bukan hanya karena Ibu dan Ayah adalah dua tokoh penting dalam hidup bayi, tetapi juga karena kata ‘mama’ atau ‘papa’ terdiri dari suara berulang-ulang yang cenderung sering diucapkan oleh bayi. Perlu diperhatikan bahwa kebanyakan bayi mampu mengucapkan kata ‘papa’ sebelum mereka bisa mengucapkan kata ‘mama’. Jika bayi Anda tidak dapat memanggil nama ibunya, itu belum.Bukan karena dia tidak mencintai Anda. Ini hanya karena kata ‘papa’ lebih mudah untuk diucapkan. Dan ini karena mengucapkan kata ‘papa kurang membutuhkan gerak dari mulut dan lidah! Jadi, jika bayi Anda baru mulai bisa mengucapkan kata ‘papa’, tidak berarti bahwa dia lebih mencintai ayahnya. Ucapannya tidak menyatakan preferensi orangtua. Dia hanya mengoceh, dan dia pasti mencintai Anda sebesar dia mencintai ayahnya.

Ketika Anak Anda Menangis
Anak Anda mungkin sudah mulai mengoceh, namun ia masih bayi. Dia akan terus menangis. Dia perlu menangis untuk berkomunikasi dengan Anda! Karena dia tidak memiliki kendali penuh untuk berbahasa, dia akan memberitahu Anda dengan menangis ketika dia marah, tidak nyaman, bosan, atau hanya kesal. Atasi kebutuhannya seperti yang Anda lakukan sebelum dia bisa bicara. Bersikaplah dengan tenang.Nanti juga dia akan dapat memberitahu Anda dengan kata-kata ketika popoknya basah.. ^_^

Itulah sedikit penjelasan agar Anda dapat memahami arti bahasa bayi. Anda punya masukan yang lain?? Silahkan berkomentar!

Tags: Perkembangan Bayi

Related Post "MEMAHAMI ARTI BAHASA BAYI"

MAKANAN IBU MENYUSUI AGAR BAYI CERDAS & PINTAR
Apa saja makanan ibu menyusui agar bayi
PILIH GENDONGAN BAYI DEPAN ATAU SAMPING? INI PLUS MINUSNYA!
Pilih gendongan bayi depan atau samping? Pertanyaan
5 TIPS MENGASUH BAYI TANPA BABYSITTER
5 tips mengasuh bayi tanpa babysitter ini
ANAK BALITA SERING SAKIT, WAJARKAH?
Anak balita sering sakit, wajarkah? Tidak bisa