5 TIPS SEHAT BAYI DALAM KANDUNGAN

5 Tips Sehat Bayi Dalam Kandungan – Setiap wanita pasti mendambakan kehamilan. Mempunyai anak yang sehat sejak lahir merupakan dambaan setiap ibu didunia ini. Namun diantara banyak ibu hamil, hanya sedikit yang benar-benar menjaga kehamilannya, baik secara fisik atau psikis. Menjaga kesehatan ibu hamil dan menjaga perasaan atau mentalnya sama pentingnya dengan menjaga kesehatan dan mental bayi dalam kandungan ibunya. Berikut ini saya coba paparkan beberapa tips menjaga kesehatan bayi dalam kandunganuntuk para ibu yang mendambakan bayi sehat dan lahir dengan selamat.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan wanita hamil dalam menjaga kandungannya selama 9 bulan. Ini dia 5 tips sehat bayi dalam kandungan.
hamil6 5 TIPS SEHAT BAYI DALAM KANDUNGAN

1. Menjaga Asupan Makanan
Yang terpenting dalam mengkonsumsi makanan adalah bukan banyak atau sedikitnya jumlah makanan yang dikonsumsi, tetapi yang lebih harus diperhatikan adalah jenis makanan yang di konsumsi ibu hamil.  Kebutuhan tubuh terhadap unsur-unsur gizi yang utama seperti vitamin,  kalsium, protein, dan zat besi perlu diperhatikan oleh ibu hamil. Secara ringkas dapat dikatakan bahwa wanita hamil harus mengkonsumsi berbagai makanan penting seperti susu, sayur-sayuran, buah-buahan, daging, telur, ikan, roti, dan keju. Selain itu juga harus meminum tujuh gelas air atau lebih dalam sehari. Sedangkan makanan yang harus dihindari oleh wanita hamil adalah makanan yang banyak mengandung minyak, ikan yang dibakar, serta makanan yang manis-manis, karena makanan-makanan tersebut tidak baik bagi kesehatan bayi dalam kandungan.
2. Memilih Pakaian Yang tepat
Pakaian terbaik bagi wanita hamiladalah pakaian yang longgar yang sesuai dengan setiap perkembangan dan besar kehamilannya, termasuk juga pakaian yang tidak ketat sampai menekan perut. Sedangkan mengenai sepatu sebaiknya menggunakan sepatu tanpa hak, atau sepatu yang haknya pendek untuk menjaga keseimbangan tubuh saat berjalan. selain menghindari agar tidak jatuh, hal ini juga untuk menjaga kesehatan ibu hamil. Karena seperti yang kita tahu, sepatu high heels kurang baik untuk kesehatan dan banyak efek samping negatif bagi wanita, apalagi jika yang mengenakannya adalah ibu hamil, selain berbahaya bagi dirinya, berbahaya juga untuk kesehatan bayi yang dikandungnya.
3. Posisi Hubungan in,tim Bagi Ibu Hamil
Tidak ada larangan untuk melakukan hubu,ngan suami istri saat hamil, selama kehamilan berjalan normal atau alami. Mungkin yang perlu diperhatikan adalah gaya dan juga posisi berc,inta agar tidak mengganggu perut ibu hamil, masalah posisi berc,inta yang tepat untuk ibu hamil tidak akan dijelaskan disini, silahkan Anda cari melalui google search.
4. Olahraga Bagi Ibu Hamil
Para ahli telah sepakat untuk menganjurkan olahraga dan bebrapa gerakan senam yang khusus untuk wanita hamil. Silahkan Anda cari video cara dan gerakan senam ibu hamil yang banyak terdapat di situs youtube. Salah satu senam yang paling alami dan paling baik adalah shalat. Selain melaksanakan kewajiban seperti shalat 5 waktu dan bernilai ibadah, dalam setiap gerakan shalat terdapat banyak manfaat bagi kesehatan. Misalnya seperti yang pernah diungkapkan oleh Dr. Kamal El-Zaky, bahwa shalat memilki banyak manfaat gerakan shalat bagi ibu hamil, diantaranya dapat melenturkan juga menguatkan jaringan-jaringan otot serta pembuluh darah, bisa melenturkan ruas-ruas tulang belakang ibu hamil, dapat menguatkan persendian tulang panggul juga jaringan otot perut yang sangat dibutuhkan saat proses persalinan, melancarkan aliran darah dari jantung lewat pembuluh vena dan arteri menuju rahim untuk asupan makanan bagi bayi yang di bawa oleh darah dan masih banyak lagi. Selain itu, wanita hamil juga dianjurkan untuk berjalan kaki dan menghirup udara segar di tempat yang banyak terdapat oksigen seperti tempat yang banyak terdapat tumbuhan atau di pagi hari kira-kira setengah jam. 
hamil5 5 TIPS SEHAT BAYI DALAM KANDUNGAN

5. Banyak Istirahat
Wanita hamil dianjurkan untuk tidur selama  8-10 jam pada malam hari, dan 1 jam pada siang hari setelah shalat zhuhur, setelah makan siang. Sebaiknya dia tetap merebahkan badan pada waktu siang hari meskipun tidak tidur, sebab dengan begitu ia sudah terhitung sudah beristirahat sehingga kekuatan dan kebugarannya akan kembali normal.
Itulah 5 tips sehat bayi dalam kandungan yang penting untuk dipraktekkan oleh ibu hamil, agar kesehatan bayinya terjaga, demikian juga dengan kesehatan ibunya. Semoga mempunyai anak yang cerdas dan berakhlak mulia.

Comments

comments

Posted in: kesehatan anak, tips untuk bayi

Leave a Comment