5 TIPS AGAR ANAK TIDAK TAKUT GELAP

5 Tips Agar Anak Tidak Takut Gelap – Tidur dengan lampu dimatikan membuat nyaman dan lebih nyenyak. Namun bagi sebagian orang terutama anak-anak, itu menjadi hal yang sangat menakutkan. Padahal tidur dalam gelap merupakan cara yang simple untuk menjaga kesehatan, banyak manfaat tidur dalam gelap sebagaimana dituturkan oleh seorang  ahli biologi bernama Joan Robert, dia mengatakan bahwa tubuh kita hanya bisa memproduksi hormon melatonin saat tidak ada cahaya, Hormon ini merupakan salah satu hormon yang berfungsi untuk menjaga kekebalan tubuh yang juga mampu memerangi dan mencegah tubuh dari berbagai macam penyakit, termasuk diantaranya kanker payu,dara dan kanker prostat. Sebaliknya, jika kita tidur dengan lampu yang menyala di malam hari, akan membuat produksi hormon melatonin tersebut terhenti. 
bayi tidur lucu
Begitu pentingnya tidur di malam hari tanpa lampu juga diteliti oleh beberapa ilmuwan di Inggris, Para peneliti menemukan bahwa saat cahaya lampu dihidupkan di malam hari, bisa memicu ekpresi yang berlebihan dari sel-sel yang terkait dengan pembentukan sel-sel kanker. Sebuah konferensi yang membahas tentang anak penderita leukimia yang berlangsung di London juga menyebutkan bahwa orang bisa menderita penyakit kanker akibat terlalu lama menyalakan lampu ketika tidur di malam hari dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah memakai lampu ketika tidur.

Bagaimana cara membiasakan anak agar tidur dengan mematikan lampu di malam hari dan agar anak tidak takut gelap. Berikut 5  tips agar anak tidak takut gelap saat tidur di malam hari.

1. Takut Itu Normal
Bicarakan pada anak kalau ketakutan pada gelap yang dirasakannya adalah hal yang normal. Dengan mengatakan demikian, anak diharapkan bisa mulai mengatasi rasa takutnya karena sudah dapat berbagi perasaannya.

2. Kenali Penyebab Takut Pada Anak
Cobalah Anda mengobrol dengan anak tentang hal apa dari kegelapan yang dapat membuatnya takut. Dengan mengetahui ketakutan anak lebih spesifik, Anda bisa lebih mudah untuk membantu anak dalam mengatasi rasa takutnya itu. Misalnya jika anak takut gelap karena akan takut akan didatangi hantu. 
anak bayi tidur lucu
Menurut Muhammad Rizal, Psi, pakar dari Lembaga Terapan Psikologi UI, seperti diberitakan oleh detikHealth, anak kecil sebenarnya sama sekali tidak mengenal konsep bahwa hantu sangat  menakutkan, tapi lingkungan yang membuat konsep tersebut. Biasanya anak kecil akan takut dengan hantu bila melihat orangtuanya atau orang-orang di sekitarnya terlihat ketakutan dan berteriak-teriak ketika nonton film atau apapun yang memperlihatkan sosok hantu. Oleh sebab itu, agar anak tidak takut hantu sebaiknya orangtua dan orang-orang sekitar memberi contoh perilaku yang benar pada anak dengan cara tidak menanamkan penilaian bahwa hantu itu merupakan sesuatu menakutkan, karena pada dasarnya anak sama sekali tidak takut dengan sosok hantu.

Buatlah sosok hantu menjadi tidak menakutkan di mata anak, saat ada acara di TV atau tampilan gambar hantu, cobalah Anda membuat itu seolah terlihat lucu, katakan pada anak bahwa itu sangat lucu dengan senyuman di wajah Anda, lama kelamaan itu akan berhasil, seperti yang sudah dipraktekkan banyak orang tua. Ini akan membuat anak memiliki imajinasi yang menarik dan anak tidak takut dengan hantu. Selain itu, orangtua juga harus menghindari pembicaraan tentang hantu, misalnya saat anak sedang menangis, biasanya orang tua malah menakut-nakutinya dengan hantu atau lainnya. Ini akan tertanam dalam memori anak. Gantilah dengan cara lain untuk meredakan tangis anak Anda dengan tidak menakut-nakutinya.

3. Yakinkan Anak
Buat anak Anda merasa aman dan nyaman dengan jalan meyakinkannya. Katakan pada anak bahwa dia aman karena Anda tidur tidak jauh darinya. Jika anak Anda takut monster, yakinkan pada anak bahwa monster itu tidak ada dan tak akan menyakitinya. Meski mungkin awalnya anak belum merasa yakin benar, perkataan Anda setidaknya akan membuatnya sedikit lebih tenang.

4. Berikan Rasa Aman Pada Anak
Tawarkan pada anak hal-hal yang dapat membuatnya merasa aman, tentunya selain menyalakan lampu. Misalnya dengan menaruh mainan yang menjadi favoritnya. Anda bisa juga menawarkan pada anak untuk menemaninya selama beberapa menit, sebelum dia mulai tertidur. 
anak bayi tidur lucu
5. Beri Anak Training
Jika anak masih saja tetap merasa takut, Anda bisa menaruh sebuah lampu tambahan. Lampu tambahan ini sinarnya harus lebih redup dibandingkan lampu utama yang telah Anda matikan saat si kecil hendak tidur. Pastikan tingkat keterangan cahaya lampu tersebut aman, sehingga tidak membuat anak jadi terbangun. Dengan ditaruhnya lampu tambahan ini, rasa takut anak Anda bisa sedikit berkurang, untuk kemudian nantinya secara bertahap lampunya dibuat semakin redup, hingga anak bisa tidur tanpa cahaya lampu. Langkah seperti ini sudah dipraktekkan banyak orangtua dan cukup berhasil membuat anak akhirnya lebih nyaman tidur tanpa lampu.

Anda juga bisa mentraining anak misalnya dengan cara jalan-jalan atau berwisata ke tempat-tempat yang kurang cahaya lampu seperti beberapa museum atau berjalan-jalan di malam hari dengan menyenangkan, main petak umpet ditempat gelap dan lain-lain.

Demikianlah 5 tips agar anak tidak takut gelap saat tidur. Semoga berhasil mempraktekkannya pada anak Anda.

Tags: mendidik anak

Related Post "5 TIPS AGAR ANAK TIDAK TAKUT GELAP"

6 TANDA ANAK HIPERAKTIF & PERBEDAANNYA DENGAN AKTIF BIASA
6 tanda anak hiperaktif & perbedaannya dengan
5 MANFAAT BERMAIN PUZZLE BAGI ANAK & BALITA
Ada 5 manfaat bermain puzzle bagi anak.
KENAPA ANAK BAYI JANGAN TIDUR DENGAN ORANG TUA?
Kenapa anak bayi jangan tidur dengan orang