15 CARA MENDIDIK ANAK BALITA AGAR CERDAS DAN BERAKHLAK MULIA

Posted on

Cara mendidik anak balita memang tergolong gampang-gampang susah. Usia balita sendiri merupakan masa-masa keemasan si kecil. Pada masa inilah balita membutuhkan banyak perhatian orang tua demi perkembangan kecerdasan otak mereka. Selain itu, di usia balita ini anak mulai banyak belajar hal-hal tertentu serta bisa mulai mengingat apa saja yang mereka belum ketahui. Sehingga Anda bisa memanfaatkan momen-momen ini dengan metoda yang tepat agar balita menjadi lebih cerdas dan juga lebih pandai.

Dengan metoda yang benar, bisa membantu para orang tua untuk mendidik balitanya agar menjadi cerdas dan pintar. Adapun beberapa cara mendidik anak balita dengan tepat agar lebih cerdas adalah sebagai berikut ini:

cara mendidik anak balita
Image: www.greatschools.org

Sering mengajak balita berbicara

Agar balita Anda lebih cerdas dan aktif sebaiknya sering mengajak mereka berbicara. Meskipun balita masih belum mengerti betul apa yang Anda katakan pada mereka. Namun, jika Anda sering mengajak mereka berkomunikasi balita lambat laun akan mampu berkomunikasi dengan baik. Selain itu, dengan mengajaknya berbicara dapat membantu meningkatkan respon balita terhadap apa yang orang tua mereka bicarakan. Anda juga bisa memanggil nama mereka sesering mungkin atau bertanya dengan kalimat yang jelas dan lengkap. Dengan mengajaknya berbicara sesering mungkin dapat menambah kosakata dan mengembangkan kemampuan berbahasa anak dengan baik.

Sering membacakan dongeng atau cerita

Sama halnya dengan sering mengajak balita berbicara, dengan mengajaknya membacakan cerita atau dongeng juga meningkatkan kosakata pada anak. Pada usia-usia balita inilah Anda bisa menerapkan metoda ini menggunakan buku bergambar dan berwarna untuk anak. Baca juga: Manfaat Dongeng Bagi Kecerdasan Anak.

Membeli kaset atau disk dalam bahasa asing

Jika Anda ingin mengajarkan bahasa asing, maka balita merupakan masa yang tepat untuk mengenalkan bahasa lain selain bahasa ibu. Baca juga: Waktu Yang Tepat Mengajarkan Bahasa Kedua Pada Anak.

Jangan bosan melakukan pengulangan

Tak jarang balita sering sekali menonton film yang mereka sukai secara berulang. Bahkan tak sedikit orang tua yang merasa frustasi akan hal ini. Akan tetapi, Anda tak perlu panik apalagi kesal karena dengan hal ini dapat membantu balita Anda untuk mudah mengingat apa yang mereka lihat. Baca juga: Nonton TV Membuat Anak Cerdas.

Membeli magnet kulkas berupa abjad

Untuk mengenalkan angka maupun huruf-huruf pada anak, maka Anda bisa menyiasatinya dengan membeli magnet atau tempelan kulkas berupa huruf dan juga angka.

Bunda ikut bermain

Agar balita lebih mudah mempelajari sesuatu hal, maka bunda bisa ikut bermain bersama buah hati tercinta. Dengan ikut terlibat ketika anak bermain, akan mengembangkan bakat, minat serta kemampuan anak.

Memperdengarkan lagu pada anak

Bunda juga bisa mengenalkan berbagai macam bunyi melalui lagu-lagu yang diperdengarkan untuk mereka. Bunda bisa menyetel kaset lagu anak-anak untuk menambah kosakata atau perbendaharaan kata anak.

Belajar musik

Banyak berbagai penelitian yang sudah membuktikan bahwa dengan mengajarkan musik pada anak akan membantu mereka mengembangkan kecerdasan otak kanannya.

Main games

Bunda juga bisa mengajak anak bermain games untuk membantu meningkatkan visualisasi anak dalam mempelajari sesuatu. Anda bisa memilih games yang tepat untuk balita, seperti game edukatif. Hindari pemilihan game-game yang mengajarkan hal tidak baik pada anak Anda. Baca juga: Jenis Permainan Anak Bayi Yang Baik.

Belikan mainan edukatif

Untuk membuat buah hati lebih cerdas dan kreatif, bunda bisa membelikan mainan edukatif untuk mereka. Dengan mainan edukatif ini dapat mengasah kemampuan otak balita. Bunda juga bisa membelikan mainan yang bertujuan untuk mengenalkan macam-macam kata dan huruf untuk balita bunda. Baca juga: Tips Memilih Mainan Edukatif.

Bimbing anak ketika menonton TV

Jangan membiarkan balita untuk menonton TV dengan bebas. Ada banyak orang tua yang secara bebas membiarkan anak-anaknya menonton TV apa saja, padahal hal ini merupakan cara yang salah dalam mendidik anak. Selain itu, batasi juga jadwal untuk menonton TV setiap harinya yaitu cukup dengan 2 jam per hari.

Tidur yang cukup dan konsisten

Dengan jam tidur yang konsisten dan cukup pada balita, dapat membuat balita Anda lebih mudah mengatasi segala hal. Seperti meningkatkan memori anak, memecahkan segala permasalahan dan semua aspek dari fungsi kognitif yang mempengaruhi anak.

Penuhi asupan gizi penting

Selain dengan merang-sang otak anak melalui cara-cara di atas, Anda juga harus menyeimbangkan dengan asupan makanan bergizi pada anak. Dengan gizi seimbang seperti kandungan asam lemak berupa omega-3 bisa membantu meningkatkan konsentrasi anak.

Membelikan buku bergambar untuk anak

Untuk meningkatkan kecerdasan balita bunda, maka bunda bisa membelikan anak buku-buku edukatif bergambar. Seperti buku pengenalan hewan, tumbuhan, hingga peralatan apa saja yang mudah dipelajari anak.

Lakukan olahraga bersama

Kemampuan otak juga sebenarnya dipengaruhi oleh kesehatan jasmani anak. Nah, untuk itu bunda bisa mengajak balita bunda berolahraga bersama.

Ya, itulah 15 cara mendidik anak balita agar lebih cerdas dan juga berakhlak mulia. Dengan melakukan metoda ini secara rutin dapat membantu balita tumbuh kembang dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *