10 TANDA ANAK BAYI SEDANG TUMBUH GIGI

Posted on

Bunda, 10 tanda anak bayi sedang tumbuh gigi ini perlu diketahui. Memang Tidak ada patokan yang pasti pada usia atau kapan si kecil akan mengalami fase tumbuh gigi pada pertama kalinya. Setiap bayi punya masa pertumbuhan gigi yang berbeda satu sama lain. Ada yang masih dalam usia 4 bulan sudah tumbuh giginya, ada pula yang sudah berusia lebih dari 6 bulan namun giginya belum tumbuh juga. Umumnya, pertumbuhan gigi pada buah hati Bunda dalah saat mereka berusia antara 4 & 6 bulan. Bisa juga kurang dari waktu 4 bulan atau bisa juga lebih dari usia 6 bulan.

Meskipun Kita tidak mengetahui kapan si kecil akan tumbuh giginya, penting bagi para orang tua untuk tetap mengetahui ciri ciri bayi sedang tumbuh gigi. Dilansir dari web parents.com & juga beberapa sumber lain, Bunda bisa mengetahui bagaimana perbedaan si buah hati saat dalam fase normal & pada fase si kecil kurang merasa nyaman karena sedang tumbuh gigi. Berikut adalah 10 tanda anak bayi sedang tumbuh gigi.

10 tanda anak bayi sedang tumbuh gigi
Image: parents.com

Frekuensi keluar air liur bayi meningkat

Ketika bayi Bunda mengeluarkan air liur yang lebih banyak dibanding biasanya, sementara usianya saat ini adalah antara 4 & 6 bulan atau lebih, maka bisa jadi ini merupakan ciri ciri bayi sedang tumbuh gigi atau akan segera tumbuh giginya.

Dagu bayi mengalami ruam

Selain mengeluarkan air liur lebih banyak, bayi yang sedang tumbuh giginya juga akan mengalami ruam pada bagian dagu ataupun sekitarnya. Ruam ini merupakan hal normal akibat terdapat tekanan dari bagian dalam gusi sebagai akibat akan segera munculnya gigi baru.

Bayi mengalami batuk

Semakin banyaknya air liur sebagai akibat pertumbuhan gigi pada bayi ini bisa menyebabkan batuk. Bukan cuma itu saja, ini juga bisa memungkinkan bagi bayi Anda mengalami flu.

Bayi sering menggigit

Ciri ciri Bayi yang sedang tumbuh gigi lainnya adalah lebih sering & suka menggigit. Baik itu menggigit-gigit mainan ataupun benda-benda yang ada di sekitarnya hingga menggigit bagian puting Bunda saat sedang disusui. Aktivitas menggigit seperti ini semata-mata dikarenakan bayi ingin mengalihkan rasa sakit yang diasakan pada gusinya akibat pertumbuhan gigi baru.

Bayi sering rewel

Umumnya, bayi Anda akan rewel saat ia sedang dalam fase tumbuh gigi. Rewel ini disebabkan mereka merasa kurang begitu nyaman dengan pertumbuhan gigi barunya.

Bayi kesakitan & sering menangis

Untuk beberapa kasus, tanda anak bayi sedang tumbuh gigi ini sering kali menimbulkan rasa sakit. Tidak sedikit bayi yang merasakan gusi & mulutnya sakit dikarenakan pertumbuhan gigi. Ini juga yang akan membuat si kecil sering menangis.

Selera makan bayi menurun

Selain makanan yang dirasakan oleh si kecil kurang enak, selera makan bayi juga akan turun saat mereka sedang dalam fase tumbuh gigi. Rasa yang tidak nyaman pada mulut menjadi alasan paling utama kenapa selera makan mereka jadi turun.

Bayi demam

Para ahli menjelaskan bahwa fase tumbuh gigi pada bayi juga seringkali diikuti juga dengan demam pada si kecil. Demam yang terjadi umumnya tidak terlalu tinggi. Suhu badannya berkisar pada angkat 36 hingga 38 derajat celcius. Baca juga: Tips Cerdas Agar Anak Tidak Takut Pergi Ke Dokter Gigi.

Bayi mengalami diare

Tidak sedikit juga bayi yang mengalami diare saat mereka tumbuh gigi. Ini merupakan suatu hal yang wajar & tidak perlu Anda cemaskan. Tapi apabila diare yang dialaminya cukup parah, penting bagi Bunda untuk memeriksakan dengan segera kondisi kesehatannya ke bidan ataupun klinik terdekat.

Bayi lemas & susah tidur

Pertumbuhan gigi yang membuat buah hati Bunda tidak nyaman akan membuat tidurnya kurang nyenyak serta tubuhnya lemas atau lemah. Untuk mengatasi hal ini, usahakan Bunda agar memastikan si kecil tenang & nyaman agar tidurnya cukup. Baca juga: 4 tips Penting Bagi Bunda Saat Bayi Tumbuh Gigi.

Bunda, itulah 10 tanda anak bayi sedang tumbuh gigi. Dampingi si kecil dengan sabar dan penuh kelembutan ya Bun, terutama jika dia rewel. Semoga informasi tentang ciri ciri bayi sedang tumbuh gigi ini memberi bermanfaat untuk Bunda dan sebagai orang tua kita semua semakin tahu akan perkembangan si buah hati.